Giat Gotong Royong di Makam Syekh Juhar oleh Pemuda dan Masyarakat

Giat Gotong Royong di Makam Syekh Juhar oleh Pemuda dan Masyarakat

CYBER88 | Pamekasan - Beberapa tokoh pemuda dan masyarakat sekitar desa Badung melakukan kerja bakti dengan cara gotong royong.

 Bersih-bersih di asta atau makam syekh Juhar atau yang biasa dikenal dengan "pujuk ombul". LokasiAsta bujuk ombul, terletak di dusun ombul, desa Badung, kecamatan Proppo, kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa timur. Rabu, (14/04/21).

Beberapa Tokoh pemuda dan masyarakat sekitar tersebut sudah terbiasa dengan rutinitas dalam melakukan kegiatan kerja bakti atau gotong royong untuk memelihara dan merawat asta tersebut. Hal itu biasa dilakukan setiap satu tahun dalam dua kali pada saat menjelang bulan suci ramadhan dan waktu selamatan, kata orang Madura "arebbe."

"Kegiatan kami disini hanya merawat asta mungkin dari asta yang lain,asta disini keberadaannya paling lama atau bisa dibilang Kono," kata sahit.

Sementara Juru kunci Asta pujuk ombul, Kh. Abdul Fattah membenarkan dan sedikit menceritakan aktivitas pada waktu perjalanan pulang menyebrangi sungai, tiba2 ada ular besar langsung di tubuh nya di lilit ular dan berdoa ke Allah.

Dan tiba-tiba ada yang membisikkan ke telinganya untuk berdoa ini dan sampeh sekarang di kenal dengan doa sungai rajek. (Red/bahrul).

Komentar Via Facebook :