Wakil Bupati Cirebon Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Sangkan Jati

Wakil Bupati Cirebon Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Sangkan Jati

CYBER88 | Cirebon -- Wakil Bupati Cirebon Hj. Wahyu Tjiptaningsih memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Sangkan Jati dan Kesiapan Pengamanan Pemilihan Kuwu Serentak di Lapangan depan Mapolresta Cirebon, Selasa (12/10/2021).

Acara Apel Gelar Pasukan di hadiri oleh Forkopimda Kabupaten Cirebon dan dinas yang terkait dengan pengamanan Pemilihan Kuwu (pilwu) serentak di Kabupaten Cirebon.

Wahyu Tjiptaningsih atau biasa disapa Ayu mengatakan, dengan dilaksanakannya Apel ini di harapkan bisa membuat kordinasi yang baik dan membuat kami yang berasal dari segala lini semakin kuat dan akan membuat Kabupaten Cirebon semakin baik.

Lebih lanjut Ayu mengatakan, Pilwu adalah pesta demokrasi di tingkat Desa untuk menentukan Kuwu pilihan masyarakat Desa setempat.

"Yang di harapkan dapat terpilih pemimpin-pemimpin yang terbaik dari pilihan masyarakat, agar Kabupaten Cirebon kedepan akan lebih baik lagi, sehingga Cirebon semakin Katon," pungkas Ayu.

Di tempat yang sama, Kapolresta Cirebon, Kombes Pol Arif Budiman mengatakan, totalnya terdapat 4143 personel yang dikerahkan untuk pengamanan Pilwu Serentak 2021. Mereka bakal diterjunkan untuk mengamankan seluruh tahapan Pilwu tersebut.

"Kami pastikan seluruh personel telah siap untuk mengamankan Pilwu Serentak 2021 di Kabupaten Cirebon. Tahapan pelaksanaan pilwu telah berjalan sejak bulan September 2021 lalu," kata Arif saat ditemui usai Apel Gelar Pasukan Operasi Sangkan Jati 2021 di Mapolresta Cirebon.

Ia mengatakan, seluruh personel yang terlibat dalam pengamanan Pilwu Serentak 2021 terdiri dari 1561 personel Polri dan 2582 personel gabungan dari unsur TNI, Satpol PP, Linmas, pemerintah kecamatan, dan lainnya.

Menurutnya, saat ini tahapan Pilwu Serentak 2021 di Kabupaten Cirebon akan memasuki tahap seleksi akademis bagi desa yang memiliki bakal calon kuwu lebih dari lima orang. Terdapat beberapa desa yang akan melaksanakan seleksi akademis bagi bakal calon kuwu.

Selain itu, Pilwu Serentak 2021 akan digelar di 135 desa se-Kabupaten Cirebon. Namun, dari jumlah tersebut hanya 112 desa yang masuk ke wilayah hukum Polresta Cirebon. Sedangkan 23 desa lainnya berada di wilayah hukum Polres Cirebon Kota.

"Kami juga gencar mengadakan vaksinasi massal dalam rangka persiapan Pilwu Serentak yang berlangsung pada 21 November 2021. Vaksinasi ini diselenggarakan serentak di 60 puskesmas se-Kabupaten Cirebon," ujarnya.

Pihaknya pun sengaja memilih desa-desa yang akan menggelar pesta demokrasi tingkat desa sebagai lokasi vaksinasi. Selain itu, hal tersebut menjadi terobosan Polresta Cirebon untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 di desa yang menggelar pilwu.

Pasalnya, vaksinasi diharapkan membuat kekebalan kelompok di desa yang akan melaksanakan pilwu telah terbentuk. Sehingga gelaran Pilwu Serentak 2021 tidak berimbas pada peningkatan kasus Covid-19 di Kabupaten Cirebon. [Hadi. S]

Komentar Via Facebook :