Bak Penampungan Air di Puncak Jaya Yang di Bangun Dengan Anggaran DD tahun 2018, Hingga Kini Belum Bisa Dirasakan Manfaatnya

Bak Penampungan Air di Puncak Jaya Yang di Bangun Dengan Anggaran DD tahun 2018, Hingga Kini Belum Bisa Dirasakan Manfaatnya

CYBER88.CO.ID | Cianjur - Warga Puncak Jaya, Desa Kertajadi, Kecamatan Cidaun, Kabupaten Cianjur, Jawa-Barat, hingga kini sangat merasa prihatin. Pasalnya, air bersih yang merupakan kebutuhan dasar terpenting dan sangat sensitif dalam kehidupan, sekaligus menjadi salah satu kebutuhan pokok bagi masyarakat, sulit didapatkan. Apalagi kalau datang musim kemarau.

Hal tersebut, membuat masyarakat kebingungan untuk mendapatkan air bersih, walau sekali kali suka ada bantuan dari hamba allah yg terketuk pintu hatinya mengirim air bersih meskipun tidak merata semuanya kebagian.

Sebelumnya, masyarakan telah mengusulkan pembuatan sarana air bersih pada pemerintah melalui musyawarah dusun (Musdus) dan ditindaklanjuti dalam musyawarah desa.

Dari usulan warga, akhirnya di bangunlah bak penampungan air bersih di kampung Puncak Jaya RT 03-04 RW 04 Desa Kertajadi Kecamatan Ciidaun menggunakan anggaran Dana Desa TA 2018 tahap II, sebesar Rp.175.000.000.

Namun, kendatipun bak penampungan air bersih itu sudah di buat, ternyata hasilnya tidak sesuai dengan apa yang di harapkan warga karena sampai kini, bak tersebut tidak berfungsi.

Parahnya lagi, bak penampungan yang di bangun dari anggaran dana desa tersebut, kini terlihat seperti bangunan tua yang tak pernah di terawat.

"Jangankan ada air bersih, bangunannya pun sudah penuh dengan rumput sangat disayangkan uang negara tidak dapat dirasakan oleh masyarakat. Hal itu disampaikan oleh salah satu warga sekitar yang tidak mau disebut namanya.

Menurutnya, dengan ada nya program pembangunan sarana air bersih tersebut. Pemberdayaan masyarakat perlu dilakukan dengan mendorong partisipasi masyarakat dalam perencanaan dan pelaksanaan pembamgunan supaya hasilnya tepat guna dan dapat dirasakan oleh warga masyarakat 

Terkait hal tersebut, CYBER88.CO.ID menemui Kepala Desa Kertajadi untuk mengkonfirmasi keluh kesah warga.

Ditemui di kantornya, Ade Yuliansyah membenarkan tentang program pembangunan bak air bersih di puncak jaya yang menggunakan angaran dana desa tahun 2018 tahap II, belum bisa di rasakan manpaatnya oleh masyarakat, 

Dikatakannya, bahwa Bak penampungannya pun belum pernah terisi air, walaupun sampai saat ini belum mendapat laporan baik dari RT maupun dari RW setempat, perihal pemeliharaannya.

"Saya terkejut mendengar laporan dari Cyber88 Bahwa bak bangunan air bersih ternyata tidak terawat padahal saya sudah serah terimakan dengan pengelola di lapangan, "Pungkasnya.

Komentar Via Facebook :