Bunda Winarni Buka Giat Lomba Senam Jantung Sehat di Sidomulyo, Ini yang Disampaikannya

,
Bunda Winarni Buka Giat Lomba Senam Jantung Sehat di Sidomulyo, Ini yang Disampaikannya

CYBER88 | Lamsel -- Lomba Senam Jantung Sehat dibuka ketua Yayasan Jantung Indonesia Cabang Lampung Selatan, Winarni Nanang Ermanto. 
 
Lomba Jantung Sehat yang gelar dalam rangka memperingati  Hari Ulang Tahun Yayasan Jantung Indonesia  yang Ke 4 dikukuhkan pada 17 Maret 2017, maka tepatnya 17 Maret 2021 genap empat tahun usia YJI Lamsel.

“Alhamdulillah sampai saat kita masih kompak, hingga hari ini kita masih bisa dapat melaksanakan kegiatan lomba, bergerak kedepannya bersama-sama, jangan pernah kekompakan ini akan luntur atau sirna apalagi kita tidak bersama lagi, "tutur Winarni.

Ayo tetap kompak dan semangat untuk YJI Kabupatan Lampung Selatan, “Imbuh dia.

Menurut Winarni, ditahun 2017 hanya 27 Club Jantung Sehat tapi berkat kerja keras jajaran pengurus YJI terus bertambah, sebelumnya  BPKJ  blm berupa Yayasan.

“Kami ingin Lampung Selatan memiliki Yayasan bukan BPKJ. Karnanya, kalau kita sebatas BPKY tentu kita tidak bisa mengatur kegiatan rumah tangga kita sendiri.

Kita harus menginduk kecabang utama oleh karena nya saat itu selaku pembina, dan ketua BPKJ ibu Rosdiana mencari solusi bagaimana Lamsel untuk jantung sehat ini menjadi Yayasan. Karna ketika kita telah menjadi Yayasan, kita bisa mengatur rumah tangga kita. 

Kami berjalan, menelusuri, bergerilya keliling ke desa-desa, dusun-dusun, kecamatan diseluruh kabupaten, “Beber dia. 

Alhamdulillah waktu itu ditahun2017 KJS  bertambah menjadi 127 Klub, “Ujarnya.

Setelah divalidasi disetujui untuk menjadi sebuah Yayasan, lanjut dia, maka terbentuklah Yayasan Jantung Indonesia Cabang Lampung Selatan dan dikukuhkan pada 17 Maret 2017,

Alhamdullilah kita tetap kompak, tetap semangat dalam gerakan mengajak masyarakat sehat, mengajak masyarakat menerapkan panca sehat yaitu, asupan gizi, hindari rokok hadapi stres, atasi tekanan darah dengan chek kesehatan secara rutin dan teratur berolah raga, “Terangnya.

Itulah panca usaha sehat yang harus kita sama-sama terapkan, ajak masyarakat untuk sadar sehat dengan menerapkan panca usaha sehat, itulah gunanya, manfaatnya Yayasan Organisasi Sosial masyarakat yaitu Yayasan Jantung Indonesia.

Dalam membantu pemerintah untuk mengolah ragakan masyarakat, menerapkan panca sehat agar masyarakat sehat, mambantu berkurangnya, terhindar nya bahkan tidak ada nya PTM dilampung Selatan yaitu Penyakit Tidak Menular seperti diabete, jantung, darah tinggi dll.  

Ia menjelaskan, “Ini salah satunya penyakit PTM, disinilah gerakan YJI  kita gunanya. Ayo tetap semangat untuk menyemangatkan mengajak masyarakat mengolah ragakan masyarakat dengan menerapkan panca sehat. 

Untuk kegiatan lomba ini bukan untuk saing saingan lomba ini dalam rangka memperingati ulang tahun oleh karena itu saya harapkan kita semangkin kompak jadi lomba ini jangan dijadikan saling bersaingan tapi hendaknya dijadikan momen menambah kekompakan,kebersamaan kita .karna selama ini kita masih dalam situasi Covid 19.

Lebih lanjut Winarni menjelaskan, Yayasan Jantung Indonesia pusat memberi arahan kita off dulu, tidak senam jantung sehat secara massal. Untuk klub JS yang ada di tiap dusun bisa tetap melakukan kegiatan dan kegiatan didalam dibatasi 25- 50 orang saja jangan lebih.

Sedangkan di luar, lapangan bisa sekitar 100 orang dan tetap mengikuti protokol kesehatan,dengan memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dan jangan berkerumun.

Untuk pelatih harap datang duluan dan langsung mengatur barisan jangan sampai ada berkerumunan, begitupun dengan mengikut sertakan masyarakat jangan lebih dari 25 orang bila tempatnya kecil.
 
Sedangkan untuk pembina KJS Kecamatan tolong penerapan Prokes diutamakan dalam mengajak masyarakat mengikuti jantung sehat, selamat mengikuti Lomba," ucap Winarni Nanang Ermanto.

Ia menambahkan, adapun yang mengikuti lomba tersebut diikuti Lima Club Jantung Sehat yaitu dari Kecamatan Waypanji, Sidomulyo, Candipuro, Katibung dan Way Sulan, acara digelar di Gedung Serba Guna Bethik Hati Rabu, (07/04/2021).

Mengenai kreteria penilaian Winarni  menyampaikan bahwa dalam menilai lomba Jantung Sehat adalah Technik gerakannya. 

Hadir dalam kegiatan lomba Jantung Sehat Kadispora Ariswandi,MH, Camat Sidomulyo, Eko Rendi Supriyanto, Munir Camat Way Sulan dan Wasidi Camat Candipuro. [andy]

Komentar Via Facebook :

Berita Terkait