Aksi Gerak Cepat PJR Ditlantas Polda Jabar, Bantu Ibu yang Hendak Melahirkan

Aksi Gerak Cepat PJR Ditlantas Polda Jabar, Bantu Ibu yang Hendak Melahirkan

CYBER88 | Cirebon – Anggota PJR Ditlantas Polda Jawa Barat gerak cepat merespon permintaan warga yang membutuhkan bantuan di jalan raya. Permintaan bantuan itu yakni menolong seorang ibu bernama Watriyah yang hendak melahirkan.

Kejadian bermula ketika Kanit VIII PJR Dit Lantas Polda Jabar, AKP. Aries Riyanto, beserta anggota sedang melakukan Pengamanan Jalur Kunker Kapolda ke wilayah Polresta Cirebon. Ketika di sela pelaksanaan tugas, Bus PO Dedy Jaya berhenti di depannya untuk meminta bantuan karena ada seorang penumpang yang sedang hamil dan hendak melahirkan.

Mendapatkan permintaan itu, anggota PJR Polda Jabar merespon cepat dengan memindahkan ibu tersebut ke kendaraan Dinas PJR untuk dibawa ke Puskesmas terdekat. Namun belum sampai di lokasi, ibu tersebut sudah melahirkan di dalam kendaraan yang dibantu anggota PJR. Setibanya di Puskesmas, langsung secara cepat dibantu oleh petugas kesehatan.

"Pada pukul 11.30 WIB dia sedang melakukan patroli bersama tiga anggota lainnya dengan dua mobil PJR berada di bahu jalan, tepatnya KM 214. Tidak lama kemudian, berhenti Bus Dedy Jaya di depan kendaraan patroli, disusul dengan keluarnya kernet bus yang langsung menghampirinya," ujar Aries Riyanto.

Ibu Watriyah itu kemudian langsung dibawa masuk ke dalam mobil PJR. Aries didampingi satu anggota dan dua keluarga Watriyah, yakni suami dan anak usia 2,5 tahun, langsung bergegas putar arah ke Ciperna untuk mencari fasilitas kesehatan terdekat. Namun, Watriyah pada akhirnya melahirkan di dalam mobil.

"Saat sampai di Puskesmas Ciperna bidan dan perawat keluar, dilihat keadaan ibunya ternyata bayi sudah keluar (posisi kepala dan badan). Akhirnya dilakukan persalinan dan diambil bayinya, setelah itu ibu dan bayi dibawa ke dalam puskesmas. Perkiraan saya, ibu sudah melahirkan di KM 213 karena menjerit itu," jelasnya.

Aries menuturkan, bayi tersebut lahir dengan sehat berjenis kelamin perempuan dengan berat 3 Kg dan tinggi 49 cm. Bahkan pascamelahirkan, sekitar pukul 11.50 WIB, Watriyah sudah bisa meneruskan perjalanan ke kampung halamannya pukul 16.00 WIB diantar oleh pihak Puskesmas.

“Saya dapat informasi bahwa si ibu sudah bisa pulang sekitar pukul empat sore. Maka dari itu, dua anggota saya yang tadi memang mengamankan barang si ibu menemui ibunya di arah timur Kanci. Saya juga sempat menemui ibu dan bayinya saat mereka melanjutkan perjalanan, Alhamdulillah keduanya sehat,” ucapnya.

Selain AKP. Aries Riyanto, terdapat tiga anggota lainnya yang membantu proses persalinan Watriyah, yaitu Aiptu. Carwa, Aiptu. Suryadi Mertaprawira, dan Aipda. Gugum Gumilar.

Komentar Via Facebook :