Desa Tambaksari Kecamatan Wanareja Cilacap Gudangnya Orang Kreatif

Desa Tambaksari Kecamatan Wanareja Cilacap Gudangnya Orang Kreatif

(Tarso Penyandang Dipable yang Kreatif dari Desa Tambaksari Wanareja)

CYBER88 | Cilacap -- Daya tarik wisata dan SDM (Sumber Daya Manusia) kreatif yang berada di Desa Tambaksari, Kecamatan Wanareja ini mulai mengembangkan potensi pariwisata di daerahnya. Beberapa potensi yang sudah dikelompokkan dan mulai dikembangkan diantaranya adalah wisata alam, religi dan UMKM. 

Potensi yang paling banyak adalah daya tarik wisata alamnya yang tujuan pengembangan wisata diantaranya adalah untuk meningkatkan SDM dan mengembangkan Potensi Sumber daya alamnya serta meningkatkan posisi dan peran masyarakat sebagai subyek atau pelaku penting dalam kepariwisataan Desa.

Sedangkan manfaat yang dapat diperoleh adalah tingkat hidup masyarakat semakin maju dan budaya serta tradisi dapat lestari.

Selain itu pengembangan ini akan memberikan manfaat bagi perekonomian masyarakat Desa Tambaksari. Selain itu meningkatkan keberadaan industri kecil menengah dan memberdayakan masyarakat melalui ekonomi kreatif.
Salah satu SDM kreatif yang bisa dikembangkan adalah karya seni dari Tarso, Salah satu penyandang Dipable yang giat berusaha dan berinovasi.

Pasca menderita lumpuh permanen akibat kecelakaan, membuat Tarso (61) warga Dusun Gunung Geulis, Desa Wanareja, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah tak mampu lagi bekerja. 

Kendati demikian, hal itu tak menyurutkan semangatnya untuk tetap bertahan hidup dan berusaha berkarya untuk menghidupi keluarganya. 

Hal itu dibuktikannya dengan membuat produk kerajinan tangan dari bambu yang diolah menjadi produk kerajinan tangan menarik berupa perabotan dapur rumah tangga seperti tempat nasi, tempat sendok, lampu hias, tampah, besek dan lainnya. 

Selain mengisi waktu luang, hal tersebut ia manfaatkan juga untuk penghasilan dengan menjual produknya tersebut, sehingga hasilnya dapat untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari beserta keluarga. 
 
"Awalnya saya bingung tidak bisa lagi bekerja karena lumpuh akibat kecelakaan. Kemudian saya berinisiatif membuat produk kerajinan tangan di rumah untuk saya jual buat penghasilan sehari-hari," ungkap Tarso kepada wartawan, Selasa (21/6/2022). 

Namun rupanya, produk kerajinan tangan hasil olahannya tersebut memiliki nilai jual ekonomis dan terbukti menghasilkan. Karena selain menarik, juga dinilai bermanfaat untuk di rumah.

"Saya mulai merintis usaha ini sejak tahun 1999 sampai sekarang. Lumayan buat penghasilan sehari-hari. Untuk pemasaran, saya tidak jual keluar, namun di rumah dan saya nunggu orang datang ke rumah untuk beli," jelasnya.

Kades Tambaksari Eko Widianto mengatakan "Kita bangga memiliki warga yang kreatif yang memiliki semangat tinggi sebagai agen perubahan, seorang Tarso penyandang Dipable yang sangat kreatif dan inovatif sehingga bisa berkolaborasi dengan semua pihak untuk ikut nama baik Desa Yambaksari ini.kegiatan bhakti sosial. 

Kita berharap kedepannya akan lahir lagi pejuang - pejuang yang berperilaku positif dalam segala hal, bersinergi dengan pemerintah dan elemen dalam pembangunan  desa Tambaksari". Pungkas Eko. (Bah Gatan).

 

Komentar Via Facebook :

Berita Terkait :