Kebun Lebah Klanceng Simpur Milik Bang Heri

Kebun Lebah Klanceng Simpur Milik Bang Heri

CYBER88 I Lamsel – Jalan -jalan ke kebun labah kelanceng milik bang Heri terlihat ada dua pekerja yang sedang membuat kolam berkisar dua kali tiga meteran, disamping sebagai keunikkan halaman rumah juga taman mini ini nantinya  untuk tempat minum lebah -labah kelanceng yang dipeliharanya sejak tahun 2015, Selasa (30/08/2022).

Menurut bang Heri dirinya tertarik beternak lebah kelanceng karena tidak bersengat, pada saat itu dirinyapun masih istirahat sehingga dari iseng-iseng mencoba untuk beternak lebah akhirnya menjadi bisnis.

Saat ditanya berapa luas tanah milik Heri untuk lokasi kebun lebahnya Heri menjelaskan,"untuk lokasi ternak labah kelanceng ditempat ini ada sekitar 1,5 Ha dan  jumlah setupnya ada dua ratus stup (200) sedangkan untuk vegetasi lebahnya segala jenis bunga yang ada disekitar sini." paparnya.

"Namanya hutan jadi makanan nya semua jenis bunga antara lain, kelapa, cengkeh, mangga, rambutan, dan bunga-bunga liar yang tumbuh disekitar setup, ada AMP tapi baru menanam," jelas Heri.

"Tidak harus tanam bunga, tapi jika ada tanaman bunga lebih baik, Tawon Trigona atau klanceng bisa mencari madu disela- sela bunga yang kecil, tidak hanya mengandalkan bunga, jika vegetasi tanaman kuantitasnya terpenuhi maka dapat mendukung harapan produksi masu yang banyak," jelas Heri.

Madu Trigona mengandung propolis sehingga khasiatnya bisa empat kali lipat dari madu yang lain,madu trigona atau kelanceng  dikumpulkan oleh lebah dari beberapa nectar multiflora dialam bebas tanpa pemberian pakan tambahan sehingga murni.

"Mereka (tawon) sudah menyesuaikan bagaimana membuat, nectar, polen, jadi alami," ungkap Bang Heri.

Ditambahkan, lebah yang dimiliki baru ada dua jenis yaitu jenis Trigona Itama dan Thoracika untuk panen madunya dilakukan satu bulan sekali.

" Madunya, masih sedikit mas, tapi cukup untuk melayani pelanggan lokal (Kalianda dan sekitarnya) untuk saat ini masih melayani pembeli lokal, mudah-mudahan kedepan bisa lebih jauh lagi melayani  pembelian dari luar kota, jadi jika ada masyarakat yang ingin melihat-lihat atau membeli madu juga disedia, silakan datang ke Way Belerang Simpur karena tempatnya pas diparkiran taman wisata permandian tersebut." Ujar Heri.

Untuk kendala dalam budidaya lebah Trigona adalah predator dan ganguan alam.

"Misalnya hujan, namun kalau hujan sudah tidak menjadi gangguan, atasnya  ditutup plastik, kalau predator lainnya misalnya semut, labah-labah harus diwaspadai," ujar bang Heri mengakhiri. ( Andy)

Komentar Via Facebook :