Menuju Cilegon Baru, Agenda Tahunan STQ di Kelurahan Cibeber sebagai Kota Santri

Menuju Cilegon Baru, Agenda Tahunan STQ di Kelurahan Cibeber sebagai Kota Santri

Lurah Cibeber, Tb. Nasrullah (kiri) saat mengisi sambutan kegiatan lomba STQ 2024 di Kantor Kelurahan Cibeber, Kamis (1/2/2024). (Dik)

CYBER88 | Cilegon – Seleksi Tilawatil Qur'an (STQ) yang diselenggarakan setiap tahunnya se-Kota Cilegon di tingkat kelurahan, kali ini digelar di Kantor Kelurahan Cibeber, Kecamatan Cibeber, Kota Cilegon, Banten, pada Kamis (1/2/2024) pagi tadi.

Ansarullah selaku ketua panitia penyelenggara sekaligus Sekretaris Kelurahan Cibeber memaparkankan, terdapat 67 orang peserta yang dibagi ke dalam 3 cabang lomba, yakni murotal, tahfidz, juga tilawah. Sesuai ketentuan, peserta dibagi menjadi 2 kategori usia, yaitu anak usia 7–13 tahun dan remaja usia 13–21 tahun.

Meski sebelumnya menghadapi kendala dari jumlah peserta yang hanya 15 orang karena belum efektifnya penyebaran informasi kepada masyarakat, Ansar menyebut, kendala tersebut mampu diatasi dengan baik berkat kerja keras seluruh jajaran petugas kelurahan melalui surat edaran dan imbauan yang lebih meluas.

Ansar berharap, Cilegon sebagai kota santri dapat "meng-Qur'an-kan" khususnya di Kelurahan Cibeber agar masyarakat dapat menjaga nilai-nilai kerohanian juga meningkatkan nilai religius dan keagamaan.

Di sisi lain, Tubagus Nasrullah yang baru seminggu menjabat sebagai lurah, mengatakan hal serupa saat mengemban tugas tahunan tersebut. Namun berkat upaya untuk menjaga kekompakan di lingkungan internal kelurahan sebagai super team, membuahkan hasil maksimal.

Dirinya menyebut kegiatan di tahun ini mengalami peningkatan peserta. Fokusnya adalah untuk menjaga marwah Cibeber sebagai "Kota Santri" yang menitikberatkan pada pembangunan di sektor keagamaan. Sesuai dengan tujuan walikota untuk menciptakan generasi Qur'an dan berakhlakul karimah agar menuju Cilegon baru, modern, dan bermartabat.

Turut hadir pada acara tersebut, Camat Cibeber, Kapolsek Cibeber Atep Mulyana bersama Bhabinkamtibmas, Babinsa, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan tamu undangan lainnya.

Komentar Via Facebook :