Danlanud Roesmin Nurjadin dan Forkopimda Hadiri Upacara HUT Ke-76 TNI Secara Virtual

Danlanud Roesmin Nurjadin dan Forkopimda Hadiri Upacara HUT Ke-76 TNI Secara Virtual

Lanud Roesmin Nurjadin dan Forkopimda Riau Ikuti HUT TNI Secara Virtual (ist)

CYBER88 | Pekanbaru - Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Andi Kustoro, S.E., hadiri upacara HUT ke-76 TNI secara virtual, tempat di Gedung Daerah Balai Serindit, Pekanbaru-Riau, upacara HUT ke-76 TNI Tahun 2021 dipimpin langsung oleh Presiden RI Ir. Joko Widodo dari Istana Merdeka Jakarta, Selasa (5/10/21).

Dalam sambutanya Presiden RI Ir.Joko Widodo mengatakan, TNI diminta sigap hadapi ancaman biologi-terorisme, kesigapan TNI diperlukan untuk menghadapi segala ancaman.

"Kesigapan TNI ini juga saya minta selalu diaktifkan dalam menghadapi spektrum ancaman yang lebih luas seperti pelanggaran kedaulatan, pencuri kekayaan alam di laut, radikalisme, terorisme, ancaman siber dan ancaman biologi termasuk ancaman bencana alam," kata Jokowi.

Masih dalam upacara HUT TNI 2021, Jokowi menekankan soal transformasi pertahanan TNI. Dia ingin TNI meningkatkan kapabilitas pertahanan modern dengan menyesuaikan perkembangan teknologi militer terkini.

Oleh sebabnya, penguatan budaya strategis juga perwira TNI harus menjadi fondasi utama. TNI harus bisa menjadi transformasi pertahanan yang menunggal dengan rakyat, sistem keamanan rakyat yang defensif aktif, pertahanan berlapis dan memanfaatkan lompatan teknologi militer dan investasi pertahanan yang terencana.

Jokowi Ajak TNI Beralih ke Investasi Pertahanan, agar paradigma dari belanja pertahanan diubah menjadi investasi pertahanan, berbicara mengenai modernisasi pertanahan yang harus disertai dengan terobosan pengelolaan ekonomi dan investasi pertahanan.

"Saya tegaskan kembali kita harus bergeser dari kebijakan belanja pertahanan menjadi kebijakan investasi pertahanan yang berpikir jangka panjang, yang dirancang sistematis dan yang dijalankan secara konsisten dan berkelanjutan," ujar Jokowi.

Ir. Joko Widodo menjelaskan, bahwa Upacara HUT TNI 2021 bukan hanya untuk diperingati namun meminta TNI aktif dalam meningkatkan inovasi teknologi militer. Dengan begitu menginginkan Indonesia mandiri dalam industri pertahanan.

"Untuk itu saya perintahkan agar terus melakukan adopsi dan inovasi teknologi mutakhir di negara kita bergerak aktif dalam konsorsium pertahanan global, memegang teguh semangat kemandirian dan penguatan industri pertahanan dalam negeri untuk mewujudkan kekuatan pertahanan Indonesia yang lebih mumpuni," ungkapnya.

Setelah Upacara HUT TNI 2021  diwarnai penampilan pesawat-pesawat tempur di langit Jakarta. Ada 16 pesawat tempur TNI dan 8 helikopter yang tampil.

Parade udara dari TNI diawali oleh delapan helikopter TNI Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL), dan Angkatan Udara (AhU). Kedelapan helikopter itu membawa bendera merah putih dan bendera tiga matra TNI berukuran besar pada ketinggian 1.000 kaki di atas permukaan laut.

Pesawat tempur TNI menyusul melintas dengan melaksanakan formasi 'Arrow Head' dan Manuver 'Bomb Burst' di atas langit Istana Merdeka. Pesawat tempur TNI melintas dengan tiga gelombang.

Hadir dalam acara tersebut, Wapres Ma'ruf Amin, Menko Polhukam Mahfud Md, Menhan Prabowo Subianto, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, KSAD Jenderal Andika Perkasa, KSAL Laksamana Yudo Margono, hingga KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo.

Di Balai Serindit turut juga hadir, Gubernur Riau Drs.H.Syamsuar, Danrem 031/WB Brigjen TNI M.Syech Ismed, S.E., M.Han., Danlanal Dumai Kolonel Laut (P) Himawan, MMSMC dan Forkopimdan dan undangan lainya. (Red/A.Rambe)

Komentar Via Facebook :