Ismattulloh Himbau Arsip Vital Harus Terjaga Dengan Baik.

Ismattulloh Himbau Arsip Vital Harus Terjaga Dengan Baik.

Ismattulloh Himbau Arsip Vital Harus Terjaga Dengan Baik.

CYBER88 | Cilegon– Dinas perpustakaan kota Cilegon melalui bidang kearsipan mengadakan acara  sosialisasi dan bimbingan teknis perlindungan dan pengamanan arsip vital, bertempat di Aula Hotel Gondang Kota Cilegon, Senin ( 20/06/2022).

Dalam kesempatan ini Dr. Ismattulloh, S,PD,M. Pd.Kepala Dinas DPAD Kota Cilegon mengatakan,  pentingnya keamanan arsip dan teknis keamanan arsip ini. Manakala terjadi sesuatu yang tidak di inginkan bagaimana arsip vital tetap terjaga.

"Kegiatan ini merupakan aktivitas DPAD kota Cilegon khususnya dalam bidang kearsipan,sebelumnya kita sudah laku pelayanan kearsipan keluarga, sekarang kita coba menekan fasilitasi layanan kearsipan untuk anak pelajar." Tuturnya.

Pemikiran ini sebetulnya bentuk tanggung jawab DPAD kota Cilegon terhadap masyarakat sehingga pemahaman tentang kearsipan juga meningkat.

"Karena kearsipan selama ini kan terabaikan perhatiannya oleh kita dikarenakan masyarakat ini juga kan tentunya tidak memahami secara utuh. Bagaimana menyelamatkan nasibnya karena sekarang sudah bersifat penting dan merupakan kekayaan yang tak ternilai harganya.kenapa tidak kita juga mulai memikirkan kekayaan masyarakat salah satunya arsip." Jelasnya.Lebih lanjut, Kadis DPAD mengungkapkan, para  peserta yang terdiri dari kepala sekolah dari beberapa SMP Negeri dan Swasta yang ada d kota Cilegon ini. Di sosialisasikan agar mengerti bagaimana  cara menyimpan data vital saat membagikan ijazah misalnya.

"Moment pengambilan ijazah ketika akan dibagikan kepada masyarakat ini akan kita scanning dulu supaya arsip aslinya itu ada di sekolah maupun di DPRD kota Cilegon sehingga kedepan  di kota Cilegon memposisikan sebagai gudang arsipnya masyarakat Cilegon."

Di akui untuk sementara ini belum menjadi status itu tetapi kita akan mulai dari  yang terkecil dengan fasilitas scan ini kan tidak mahal tinggal tenaga saja yang kita siapkan semoga ini juga menjadi inovasi di bidang kearsipan di Cilegon untuk mewujudkan Cilegon yang modern.

"Jadi jangan modern- modern tapi pengarsipannya tidak modern masih simpan di lemari besoknya kena asin kehujanan basah terbakar hilang nah dengan modern akan tersimpan di fasilitas yang aman secara digital." Ungkapnya.

Harapannya dengan perhatian arsip menyeluruh kepada masyarakat kota Cilegon ini kita juga akan coba mengajukan bagaimana kearsipan ini bisa difasilitasi oleh pemerintah karena pembiayaan- pembiayaan penyelamatan cukup memerlukan biaya

"Seandainya 1 penduduk aja 10 dokumen penting berarti kalau penduduk Cilegon 450.000 berarti sudah 4,5 juta Nah berapa itu arsip harus kita selamatkan, yang digitalisasinya aja dengan scan itu butuh waktu berapa bulan, berapa hari."

"Apa lagi secara manual butuh plastik-plastik untuk kapsulisasinya berapa lembar hal ini juga negara harus hadir untuk masyarakat, pemerintah harus peduli terhadap masyarakat salah satunya DPAD Cilegon memulai kepedulian itu untuk pelajar. masyarakat yang memang sementara ini di utamakan korban banjir." Tutupnya .

Komentar Via Facebook :