BPTD Banten Mulai Lakukan Ramp Check Jelang Nataru 2023

BPTD Banten Mulai Lakukan Ramp Check Jelang Nataru 2023

Kepala BPTD Banten, Handjar Dwi Antoro

CYBER88 | Banten -- Sebagai bentuk kesiapan Natal dan Tahun Baru 2023, Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah VIII Provinsi Banten mulai melakukan ramp check terhadap puluhan kapal yang beroperasi di Pelabuhan Merak Banten dan Bakauheni Lampung. 

Kepala BPTD Banten, Handjar Dwi Antoro menyampaikan, "Pihaknya melakukan pemeriksaan kelayakan terhadap 64 kapal dan juga melakukan pemeriksaan terhadap sarana prasarana yang ada di Pelabuhan Merak," kata Handjar saat di wawancara  awak Media CYBER88 di kantornya, Selasa (15/11/2022)

Meski demikian, lanjut Handjar, lantaran sebagian kapal sedang dilakukan perawatan dan perbaikan (Docking). Maka kegiatan Ramp check dibagi dua tempat yakni di Pelabuhan Merak Banten dan Pelabuhan Bakauheni Lampung. 

"Dilakukannya (ramp check) di dua tempat di pelabuhan Merak dan di Bakauheni. Karena ada kapal yang sedang Docking," ujar Handjar.

Selain melakukan uji kelaikan kapal, lanjut Handjar, pihaknya juga menyiapkan skema pengoperasian kapal-kapal besar. Hal itu dilakukan, guna mengantisipasi apabila terjadinya kepadatan penumpang pada saat Nataru mendatang. 

Menurutnya, kegiatan itu perlu dilakukan guna memberikan rasa aman dan nyaman terhadap penumpang saat angkutan libur Nataru berlangsung. 

Namun demikian, persiapan dan skema tersebut hanya sebatas persiapan awal yang dilakukan di internalnya dalam menghadapi angkutan Nataru. 

"Ini dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman pada saat angkutan libur Nataru nanti," ucap Handjar.

Handjar menambahkan, dalam rangka persiapan BPTD Banten tadi melakukan rapat koordinasi dengan stakeholder guna membahas banyak hal terkait persiapan, seperti pengecekan tiket, pendirian pos pelayanan terpadu, pengaturan arus lalu lintas baik di jalan arteri, jalan tol hingga masuk pelabuhan. 

Selain itu, lanjut Handjar untuk membahas mengoperasikan 3 pelabuhan barang yang ada di Banten begitu pun hal penting lainnya mengenai sosialisasi masif pembelian tiket elektronik Ferizy.

"Dalam rapat juga tadi kami membahas sosialisasi Ticketing agar menghindari kemacetan puncak saat Nataru," imbuhnya.

"Kami juga akan mensosialisasikan kepada masyarakat secara masif jauh sebelum pelaksanaan Nataru, kami akan memasang spanduk/pamflet di rest area di jalan-jalan yang mudah terbaca agar masyarakat mempersiapkan diri dengan tiket sebelum masuk ke dermaga.

Kami juga membahas masalah optimalisasi kapal pada saat jam puncak tentunya kami akan mengerahkan seluruh kekuatan kapasitas kapal dengan cara menambah jumlah kapal, mengganti kapal-kapal besar, kami juga akan melaksanakan bongkar muat. Untuk kendaraan logistik, kami juga akan bekerjasama dengan beberapa pelabuhan.

"Dermaga merak ada 7 dermaga, saat jam puncak juga tidak tercover, maka kami akan mengalihkan sebagian ke dermaga Ciwandan, Indah Kiat Bakauhuni dan BBC Lampung itu adalah alternatif pelabuhan yang ada di Merak," pungkasnya.

Komentar Via Facebook :