Kementerian Keuangan Mengajar 7 Hadir Menginspirasi Ratusan Siswa di SMA Siwalima Ambon

Kementerian Keuangan Mengajar 7 Hadir Menginspirasi Ratusan Siswa di SMA Siwalima Ambon

CYBER88 | Ambon - Senin, 28 November 2022 menjadi puncak pelaksanaan kegiatan Kementerian Keuangan Mengajar 7 Maluku (KM 7 Maluku). Sekolah yang menjadi partisipasi pelaksanaan kegiatan yaitu SMA Negeri Siwalima Ambon.

Kegiatan ini di sambut tarian selamat datang Tanimbar, Marching band yang di bawakan siswa-siswi SMA Siwalima. 

Dalam kegiatan Kementerian Keuangan Mengajar 7 Maluku (KM 7 Maluku) di tandai dengan pemberian Souvenir Plakat dan penyerahan kaus KM 7 sebagai tanda dibukanya kegiatan KM7 Maluku dari pihak Kementrian Keuangan kepada Kepala Sekolah SMA Siwalima 

Hadir dalam kegiatan; Kepala KPKNL Ambon Iwan Victor, Kepala Sekolah SMA Siwalima Ambon Nasir Tidore, para guru, pegawai SMA Siwalima, Para pejabat pengawas di lingkungan Kemenkeu, dan siswa dan siswi SMA Siwalima Ambon, serta Fasilitator/Relawan yang berpartisipasi dalam KM 7 Maluku ini merupakan pegawai Kementerian Keuangan.

Para relawan menyampaikan misinya untuk mengenalkan APBN, tugas dan fungsi Kementerian Keuangan, serta nilai-nilai yang menjadi budaya Kemenkeu kepada siswa-siswi pada sekolah tersebut, serta pembelajaran anti korupsi.

Kepala KPKNL Ambon, Iwan Victor, mengatakan bahwa tujuan dari dilaksanakanya program ini adalah selain menyampaikan materi bahan ajar mengenai pengenalan APBN dan tugas-fungsi Kementerian Keuangan, tetapi juga sebagai bentuk tanggung jawab dari Pegawai Kemenkeu untuk berperan serta dalam memberikan manfaat pada dunia pendidikan.

Kemenkeu Mengajar diadakan sebagai bagian dari rangkaian peringatan Hari yang Ke-76 Republik Indonesia sekaligus bentuk bakti dan pengabdian kami, insan Kementerian Keuangan kepada masyarakat, khususnya di dunia pendidikan.

Pada tahun ini, Kemenkeu Mengajar 7 diadakan secara serentak di sekolah-sekolah mulai dari jenjang SD sampai dengan SMA yang tersebar di 37 provinsi di Indonesia. Tak hanya itu, Kemenkeu Mengajar 7 juga diadakan di 8 (delapan) Sekolah Indonesia di Luar Negeri (SILN) yang berada di 4 (Empat) negara, serta 9 (Sembilan) Sekolah Luar Biasa.

Pendidikan adalah kunci utama membangun peradaban bangsa dan menyukseskan agenda pembangunan nasional. Keseriusan pemerintah dalam dunia pendidikan ini juga tercermin dalam Undang-Undang APBN yang mengamanatkan 20 persen dari belanja negara wajib dialokasikan untuk pengembangan pendidikan.

Selanjutnya, Iwan juga menyampaikan bahwa sekolah-sekolah yang dipilih dalam KM 7 kali ini adalah sekolah yang di rasa perlu untuk diberikan semangat dan motivasi bagi siswa-siswa nya dalam meraih cita-cita setinggi-tingginya.

“Tidak hanya siswa yang bersekolah di tempat yang bagus yang bisa, siapapun bisa asal terus belajar, berusaha dan berani bermimpi” imbuhnya.

Kepala Sekolah SMA Siwalima Ambon Nasir Tidore menyampaikan kepada para siswa pentingnya nilai kejujuran yang ditanamkan sejak dini.

Nasir Tidore juga menekankan bahwa kepada para relawan untuk jangan sampai melewatkan kesempatan untuk terus berpartisipasi dalam kegiatan Kementerian Mengajar selanjutnya, karena pasti akan ada cerita dan inspirasi luar biasa di setiap perhelatannya.

"Dan dapat pula membawa anak-anak SMA Siwalima untuk menentukan masa depan mereka kedepannya, memberi pemahaman tentang bagaimana mereka dapat melakukan dan kemudian mengelola keuangan dengan baik." 

Sehingga, slogan Kemenkeu Mengajar yang membawa semangat “satu hari mengajar, selamanya memberi arti” dapat terus dilakukan sebagai wujud bakti pegawai Kementerian Keuangan untuk Ibu Pertiwi

Komentar Via Facebook :