Kasus Stunting di Batujajar Cukup Tinggi, Pihak Kecamatan dan Puskesmas Lakukan Validasi Data

Kasus Stunting di Batujajar Cukup Tinggi, Pihak Kecamatan dan Puskesmas Lakukan Validasi Data

CYBER88 | KBB -- Istilah stunting mungkin masih terdengar asing di telinga sebagian orang. Padahal, masalah kesehatan satu ini cukup umum terjadi di Indonesia.

Secara umum, stunting adalah salah satu penyakit kronis yang memengaruhi faktor pertumbuhan anak-anak akibat kurangnya asupan gizi dalam jangka waktu panjang
sehingga Stunting juga menjadi salah satu penyebab tinggi badan anak terhambat dan lebih rendah dibandingkan anak-anak seusianya. 

Tidak jarang masyarakat menganggap kondisi tubuh pendek merupakan faktor genetika dan tidak ada kaitannya dengan masalah kesehatan padahal Faktanya, faktor genetika memiliki pengaruh kecil terhadap kondisi pertumbuhan anak.

Di Kecamatan Batujajar Kabupaten Bandung Barat sebelumnya kasus Stanting mencapai 1000 anak lebih dan saat ini sedang dilakukan validasi data oleh dinas kesehatan dan Kecamatan agar akurasi data mencapai 100%.

Pantauan media Cybber88 dilapangan ditemukan pro kontra dari masyarakat sendiri kemungkinan kurang lengkapnya pemberian pemahaman dari pihak kader dan dinas kesehatan terkait.

Ditemui diruang kerjanya Deden Mulyadi S.Sos Camat Batujajar mengimbau kepada masyarakat bahwa ini adalah program Nasional dalam upaya menjadikan anak-anak Indonesia kedepannya lebih sehat,pintar dan terjamin masa depannya.

Stunting bukanlah suatu aib karena ada beberapa faktor penyebabnya, diantaranya asupan gizi yang kurang, masalah keluarga dan sanitasi," ujar Deden.

Maka disini Pemerintah hadir untuk memperbaiki masalah tesebut, diantaranya bantuan gizi yang lebih baik,pendampingan psikiater dan pemberian fasilitas kesehatan yang lebih baik juga," jelasnya.

Bukankah dengan melihat anak -anak kita lebih sehat dan pintar kedepannya kita akan menjadi bangga dan bisa melihat mereka menjadi generasi emas calon-calon pemimpin masa depan untuk Indonesia," Lanjut dia.

Jadi mari kita seluruh elemen masyarakat beserta jajaran pemerintahan dan instansi terkait di Batujajar ini bersama-sama mensukseskan program percepatan penurunan Stunting khususnya di Batujajar,' himbau Deden. (Yus')

Komentar Via Facebook :