Diskominfo Kota Cimahi Harapkan Maksimalisasi Tenologi Mampu Permudah Pelayanan Masyarakat

CYBER88 | Cimahi – Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Cimahi menggelar Forum Perangkat Daerah (FPD), dimana dalah kegiatan itu memaparkan beberapa point penting. Acara Forum Perangkat Daerah Diskominfo Kota Cimahi dihadiri oleh LPM, Ormas, OPD, dan Lurah se-Kota Cimahi, Selasa (20/2).
Adapun hal yang disampaikan adalah keberhasilan mencapai 5 katagori Indikator Kinerja Utama (IKU) untuk men-support reformasi birokrasi di Kota Cimahi, yang disampaikan pada acara FPD di The Green Forest Resort, Jl. Sersan Bajuri No.102, Cihideung, Kec. Parongpong, Kabupaten Bandung Barat.
Saat diwawancara, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Cimahi, Hendra Gunawan mengatakan, "Mengenai 5 IKU telah berhasil dicapai oleh Diskominfo Kota Cimahi. Forum Perangkat Daerah Diskominfo Kota Cimahi tahun 2024 untuk rancangan kerja tahun 2025, kita kan mempunyai IKU, dan Alhamdulillah semuanya sudah tercapai untuk mensuport reformasi birokrasi Kota Cimahi."
Berkenaan dengan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), bahwa saat ini Diskominfo masuk dalam urutan ketiga.
“Sedangkan dalam SPBE tingkat Nasional, Diskominfo dalam urutan ke-17, sedangkan dalam Smart City kita dalam urutan kedua, di bawah Kota Bandung,” ucap Hendra.
Juga berkenaan terkait masalah keterbukaan informasi Diskominfo Kota Cimahi telah masuk menjadi informatif.
“Bahkan di bidang statistik juga kita naik, jadi hasil dari kerja keras teman-teman kita di Diskominfo, juga arahan dari PJ Walikota dan Sekda, ini diatas ekspektasi. Sedangkan ekspektasi angkanya sama, ternyata angkanya lebih tinggi,” imbuhnya.
Hendra menyampaikan, masih ada kekurangan sedikit dari Diskominfo dalam Forum Perangkat Daerah yang digelar belum merambah ke masyarakat luas.
“Karena saat ini kami akui masih kurang mensosialisasikan kepada masyarakat Kota Cimahi, bahwa website kita ini cimahikota.go.id ini ternyata ada, dan dapat mencari aplikasinya disana,” ucap Hendra.
“Diskominfo Kota Cimahi dapat melayani masyarakat sesuai arahan dari pimpinan yaitu PJ Walikota Cimahi maupun Sekda Kota Cimahi, agar kami benar-benar melayani masyarakat dengan aplikasi 112, terus aplikasi dalam satu portal agar tidak ribet bagi masyarakat,” katanya
Hendra menambahkan, "Bahkan kami juga rencananya dengan masyarakat dan Kelurahan-kelurahan akan mencoba untuk mensosialisasikannya.
Tidak itu saja yang diharapkan oleh Hendra, bahkan terkait masalah aplikasi Diskominfo tersebut menginginkan masyarakat Kota Cimahi lebih pintar dan lebih paham dalam menggunakan aplikasi tersebut.
“Masyarakat harus paham, dan pintar, cuma yang berkenaan dengan transformasi digitalisasi pelayanan ini, kita harus lebih mendekatkan lagi kepada masyarakat,” jelasnya.
Hendra pun berharap, "Dari kelemahan kami, di tahun 2024 sesuai dengan janji didalam rencana kerja akan kita lakukan, dan hal-hal masalah bukan kewenangan kami, di Diskominfo, kita akan informasikan kepada Dinas atau OPD terkait, seperti PAUD, konten-konten, Wifi publik yang ada di RW-RW kita akan coba untuk kerjasama dengan Kelurahan dan Kecamatan untuk melaksanakan Wifi tersebut dengan diundang provider."
Komentar Via Facebook :