Peringati Hari Air Sedunia Kodim 0602/Serang Bersama DPUPR Kabupaten Serang dan Kopisusu Bersihkan Sungai Ciwaka Pontang

Peringati Hari Air Sedunia Kodim 0602/Serang Bersama DPUPR Kabupaten Serang dan Kopisusu Bersihkan Sungai Ciwaka Pontang

Ketua Kopisusu tampak bersemangat dalam giat bersih-bersih di Sungai Ciwaka Pontang

CYBER88 | Serang - Kodim 0602/Serang bekerjasama dengan puluhan anggota Komunitas KOPISUSU, dan DPUPR Kabupaten Serang bersama jajaran serta masyarakat sekitar melaksanakan kegiatan pembersihan sungai yang ditumbuhi rumput liar dan gulma lainnya di Sungai Pembuang Ciwaka, Desa Kubang Puji, Kecamatan Pontang, Kabupaten Serang, Provinsi Banten, Jum'at (19/04/2024).

Komandan Kodim (Dandim) 0602/Serang, Kolonel Inf Mulyo Junaidi yang diwakili oleh Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kodim 0602/Serang, Mayor Chb Dandi Irwansyah menyampaikan bahwa karya bakti bersih sungai ini dalam rangka memperingati Hari Air Dunia 2024.

"Ini rangkaian kegiatan Hari Air Dunia 2024, alhamdulilah kami bersama jajaran membersihkan aliran air ini dari rumput liar seperti eceng gondok dan lain sebagainya," ungkap Dandi Irwansyah saat diwawancarai di lokasi.

Pembersihan sungai ini juga agar air sungainya menjadi bersih dan jernih, serta agar tidak terjadi banjir akibat banyaknya sampah liar yang berada disekitaran aliran sungai.

Ia juga menghimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak membuang sampah ke aliran sungai dan kepada pemerintah setempat untuk selalu mengontrol agar tidak lagi terjadi penumpukan sampah di aliran sungai.

"Kepada pemerintah terkait agar selalu mengontrol dan selalu gotong royong menjaga aliran sungai ini supaya tidak terjadi lagi penumpukan baik sampah maupun tanaman liar," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang SDA PUPR Kabupaten Serang Nurlaelah, STP mengapresiasi kegiatan aksi kolaborasi yang dilakukan antara Kopisusu, Kodim 0602 Serang dan PUPR Kabupaten.

"Saya ucapkan terima kasih sudah bekerjasama untuk membersihkan sungai ini, dan kegiatan ini juga masih dalam rangka memperingati Hari Air Dunia 2024, semoga apa yang kita lakukan hari ini bermanfaat," ungkap Kabid.

Lanjut Kabid, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian kami pemerintah terhadap kondisi lingkungan sekarang ini, dengan melaksanakan bersih bersih sungai juga bisa menjaga lingkungan agar pemukiman maupun lahan pertanian masyarakat tidak kebanjiran lagi, katanya. 

Ketua Kopisusu Taty Sagita mengucapkan terimakasih kepada DPUPR Kabupaten Serang, Kodim 0602/Serang dan DLH Kabupaten serta seluruh stakeholder yang hadir yang sudah bekerjasama dan mendukung kegiatan bersih sungai dalam rangka Hari Air Dunia ke 32 ini.

"Saya ucapkan terimakasih atas dukungan dan kerjasama dalam aksi kolaborasi bersih sungai kali ini, mudah-mudahan ini menjadi awal kolaborasi yang baik dan nantinya memberikan manfaat bagi masyarakat," pungkas Taty.

Komentar Via Facebook :