Pengelolaan Sampah Di Kota Cimahi Harapkan Zero Landfill

Pengelolaan Sampah Di Kota Cimahi Harapkan Zero Landfill

CYBER88 | CIMAHI - Pengelolaan sampah di TPS Sentiong mengalami peningkatan positif signifikan setelah kunjungan Gubernur. Tujuan adalah diharapkan mencapai status "zero to landfill" atau zero TPA.

Dicky Saromi selaku PJ Walikota Cimahi mengatakan, suplai sampah harian dari TPS Sentiong dan TPS Lebaksaat mencapai sekitar 50 ton sampah.

"Yang terpenting adalah kita sudah membuktikan bagaimana pemilahan dan pengolahan sampah yang bisa jadi RDF, maggot, dan sebagainya.

" Sampah yang diolah itu diharapkan dapat berguna dan mendukung industri yang menuju green industry," ucapnya saat ditemui disela-sela kegiatan Hari Bumi Tahun 2024 di TPS Sentiong, Senin 22/04/2024.

Dicky menyampaikan gambaran sampah dan dampaknya jika tidak ada pihak yang menerima hasilnya jadi oleh karena itu ketika ini ada yang menerima itu kabar baik, Seperti tadi pelepasan langsung oleh pak gubernur menjadi pengiriman perdana sebesar 16 ton," lanjut Dicky.

Menurutnya, proses ini harus dilakukan secara bertahap dikarenakan kapasitas mesin saat ini dan personelnya masih dalam tahap komisioning.

"Jadi ini saat ini yang bisa diolah kurang lebih kita di 30 ton per hari, dimana setting kapasitasnya di 50 ton per hari," ujar Dicky.

Dicky pun berharap bahwa produksi harian di Kota Cimahi dapat mencapai 50 ton per hari dan akan memberikan hasil yang signifikan.

"Bahkan tadi disampaikan kalau seandainya kita diberikan satu unit conveyor lagi yang kita bangun seperti ini, salah satunya yang ada di Leuwigajah dan sebagainya maka itu akan memberikan dampak juga memberikan banyak kontribusinya," tandasnya.

Komentar Via Facebook :