Kelompok Teroris Taliban Klaim Kuasai 85 Persen Wilayah Afghanistan

Kelompok Teroris Taliban Klaim Kuasai 85 Persen Wilayah Afghanistan

CYBER88.CO.ID -- kelompok teroris Taliban mengeklaim menguasai 85 persen wilayah Afghanistan.

"Kami akan berupaya agar ISIS tidak beroperasi di Afghanistan. Kami juga tidak akan pernah menyerang tetangga kami," kata salah seorang pejabat Taliban Shahabuddin Delawar seperti dikutip dari Reuters. Taliban dan ISIS adalah dua kelompok yang saling bertempur.

"Kalian dan seluruh masyarakat dunia mungkin baru mendengar bahwa 85 persen wilayah Afghanistan sudah kami kuasai," sambungnya.

Klaim itu ditolak Pemerintah Afghanistan. Mereka menyatakan, klaim tersebut adalah bagian propaganda Taliban untuk menakuti warga Afghanistan.

Namun, beberapa pejabat Afghanistan mengakui sejumlah kota penting sudah dikuasai Taliban. Salah satunya provinsi Herat, tempat 10 ribu warga Syiah tinggal.

Selain menguasai Herat, Taliban dilaporkan menguasai Kota Torghundi. Kota itu terletak di perbatasan Tajikistan.

Terkait direbutnya Kota Torghundi, kabar tersebut dibenarkan Pemerintah Afghanistan.

Memanasnya kondisi Afghanistan terjadi jelang penarikan pasukan AS dari negara di Asia Tengah itu. Selama dua dekade, tentara AS membantu keamanan di Afghanistan.

Penarikan total akan dilakukan pada 31 Agustus 2021. Nantinya hanya akan tersisa 650 tentara AS di Afghanistan. Ratusan tentara itu pun khusus bertugas menjaga kedutaan.

Sampai saat ini, Presiden AS Joe Biden belum mengungkapkan apakah akan memperpanjang penugasan tentara di Afghanistan. Biden pada pekan ini hanya menyatakan, sudah saatnya Afghanistan menentukan nasibnya sendiri.***

Komentar Via Facebook :