Camat Muda Penggiat UMKM dari Dayeuhluhur Cilacap

Camat Muda Penggiat UMKM dari Dayeuhluhur Cilacap

CYBER88 | Cilacap -- Gelar Produk Khas dan Unggulan Daerah (GPKD) Expo 2021 telah diselenggarakan oleh UMKM Kecamatan Dayeuhluhur pada tanggal 9/9/2021 di Pendopo Kecamatan Dayeuhluhur dan diikuti oleh perwakilan dari 14 Desa.

Beragam produk usaha menengah, kecil, dan mikro (UMKM) dari berbagai Desa dipamerkan di Dayeuhluhur UMKM Expo 2021ini. Mulai dari makanan, minuman, kerajinan tangan, perhiasan, hingga kain tradisional ikut dipamerkan.

Menurut Aji Pramono S.STP Camat Dayeuhluhur menuturkan, "Pameran UMKM ini dapat memotivasi pelaku usaha seluruh pengusaha mikro dan menengah yang ada di Kecamatan Dayeuhluhur, Salah satunya untuk menyaksikan, kreatif, dan meningkatkan daya saing" kata Camat.

"UKM yang mengangkat produk dan budaya lokal harus didorong, karena dengan peningkatan perdagangan dan investasi maka kesejahteraan akan meningkat, penyerapan lapangan kerja juga meningkat," ujarnya dalam pembukaan Dayeuhluhur UMKM Expo 2021, Kamis (9/9).

Aji mengatakan‏ jumlah wirausahawan di kecamatan Dayeuhluhur harus terus ditingkatkan. Saat ini jumlahnya terus bertambah.

"Ini sangat kecil dibandingkan kecamatan-kecamatan lain yang ada di Kabupaten Cilacap lainnya. Kita harap UMKM yang ada di Kecamatan Dayeuhluhur bisa bertambah dan menjadi market leader dan membangun brand Dayeuhluhur di pasar," tuturnya.

Aji menambahkan peran UMKM terhadap perekonomian masyarakat Dayeuhluhur cukup signifikan.

"Kita harap UMKM Dayeuhluhur bisa jadi produk yang menguasai pasar Cilacap dan menjadi kompetitor di pasar Jawa Tengah," kata Aji.

H. Cipto Rusmanto, SP. salah satu peserta pameran dari Kopi tujuh langit dan salah satu penggerak UMKM, mengaku baru kali ini dirangkul pemerintah Kecamatan Dayeuhluhur untuk berpartisipasi dalam pameran. Produsen kopi khas Dayeuhluhur yang diberi nama Kopi Tujuh Langit ini lebih sering mengikuti pameran atas inisiatifnya sendiri.

"Ini baru pertama kali ikut. Untung juga, karena diajak pemerintah kecamatan Dayeuhluhur jadi bebas biaya alias gratis," katanya.

Beberapa perwakilan desa yang juga berpartisipasi dalam Dayeuhluhur UMKM Expo 2021, Antara lain Desa Dayeuhluhur, Panulisan, Barat, timur, Bingkeng, Bolang, Cijeruk, Kutaagung, Cilumping, Datar, Sumpinghayu, Hanum, Matenggeng dan Ciwale. Pengunjung juga dapat menikmati Kopi khas Dayeuhluhur dan Gula Semut Karibrek di area pameran depan Pendopo Kecamatan Dayeuhluhur . (DANI DIAN).

 

Komentar Via Facebook :

Berita Terkait :