RW 02 Kampung Bojong Lakukan Vaksinasi

RW 02 Kampung Bojong Lakukan Vaksinasi

CYBER88 | Bogor -- RW 02 Kampung Bojong, Desa Wates Jaya, Kec. Cigombong, Kab. Bogor menggelar Vaksinasi Massal untuk Warga dengan kuota 150 dosis, yang bertempat di rumah Ketua RW 02, Rabu (24/11/2021).

Saat ditemui awak media Cyber88, Ketua RW 02 Kampung Bojong, Kiharib mengatakan, ada empat tahapan yang perlu dilakukan oleh warga yang akan divaksin, yakni registrasi, skrining kesehatan, penyuntikan vaksin dan penerbitan sertifikat vaksinasi, setelah proses administrasi dengan mencocokan database.

"Selanjutnya penerima vaksin diminta untuk mengisi formulir, formulir itu intinya bahwa saya siap mendapatkan vaksinasi," imbuh Ketua RW 02.

Adapun tahap sebelum di vaksinasi warga akan dilakukan proses screening kesehatan terlebih dahulu, seperti cek tekanan darah, suhu badan, mengisi data terkait riwayat penyakit, dan lainnya. Setelah lolos baru disuntik (vaksin).

Petugas yang melakukan vaksinasi mengatakan, Vaksinasi ini adalah salah satu cara untuk membentuk herd immunity bagi masyarakat. 

"Untuk membentuk herd immunity ini harus dilakukan secara bersama-sama dalam waktu yang tidak terlalu lama," terangnya.

Salah satu penerima vaksin mengaku, efek yang dialami setelah menerima suntikan adalah pegal-pegal. 

Untuk diketahui, Vaksin adalah bahan antigenik yang digunakan untuk menghasilkan kekebalan terhadap suatu penyakit. 

Pemberian vaksin (imunisasi) dilakukan untuk mencegah atau mengurangi pengaruh infeksi penyebab penyakit-penyakit tertentu. 

Vaksin biasanya mengandung agen yang menyerupai mikro organisme penyebab penyakit dan sering dibuat dari mikroba yang dilemahkan atau mati, dari toksinnya, atau dari salah satu protein permukaannya.

"Alhamdulilah yang datang untuk di vaksinasi Sesuai dengan kuota yang disediakan," tutup Ketua RW 02 mengakhiri. [apip]

Komentar Via Facebook :