Libatkan Disabilitas di 77 Tahun Kemerdekaan RI, Perspektif Berbeda di Cilegon

Libatkan Disabilitas di 77 Tahun Kemerdekaan RI, Perspektif Berbeda di Cilegon

CYBER88 | Cilegon- Acara puncak HUT RI ke 77 yang di selenggarakan di alun-alun Kota Cilegon, Minggu (28/8/2022) mendapatkan banyak simpati .

Acara Panggung hiburan dan penyerahan hadiah pemenang lomba yang dikemas oleh LSM BMPP, Media Sekilas Indonesia, Media CYBER88 sebagai penyelenggara dan didukung oleh Pemerintahan Kota Cilegon ini bekerja sama dengan Pertuni Kota Cilegon untuk para kaum disabilitas dengan tema "Indonesia Merdeka Disabilitas Bisa". Hal ini banyak mendapati sorotan, hingga Komisioner Komnas Disabilitas RI, Kikin Tarigan mengapresiasi terlaksananya kegiatan ini.

"Ini menunjukkan partisipasi penyandang disabilitas yg sangat nyata dalam mengisi dan memperingati hari kemerdekaan RI," tutur Kikin Tarigan.

Apresiasi lebih lanjut diberikan atas Raperda yang saat ini sedang dikonsultasikan ke Biro Hukum Pemprov Banten.

"Salah satu tantangan ke depannya adalah membangun keseimbangan supply-demand dalam mengisi peluang kerja 1 % di perusahaan swasta dan 2 % di sektor pemerintahan," jelasnya.

Kebutuhan dan penciptaan lapangan kerja berikut ketersediaan tenaga terampil, harus dicarikan  titik tengah solusinya bersama-sama. 

"Penyerapan tenaga kerja disabilitas ini akan berpotensi pada peningkatan pendapatan daerah dan pada saat yg sama dpt mengurangi 'beban sosial' penyandang disabilitas," imbuhnya.

Kegiatan ini dihadiri pula oleh Kadis Kominfo, Kabid Dinsos, Kadis BPKPAD, Komisi Nasional Disabilitas RI , Humas TJSL Krakatau, Kapolres Kota Cilegon, Kodim 0623 / Cilegon, Ketua DPD Pertuni serta para tamu undangan. Adapun kegiatan perlombaan yang mereka ikuti meliputi dari baca puisi kebangsaan, vokal solo, dan catur virtual.

Perlombaan secara virtual dimulai dari tanggal 15 Juli sampai 20 Agustus dan diumumkan pada puncak acara yang diadakan secara  offline di Alun-alun Kota Cilegon.

Kabid Dinsos, Ade Setiana mengatakan, "Kami pemerintah daerah sangat mengapresiasi kepada adik-adik dari Disabilitas yang sudah mau ikut memeriahkan peringatan HUT RI ke-77 dengan mengikuti perlombaan sesuai dengan kemampuan masing-masing. Tadi juga kita lihat bersama penampilan mereka dalam menyanyi, membacakan puisi kebangsaan, pantomim, serta tarian, dan itu menurut saya sangat luar biasa".

"Harapan kami sebagai pemerintah daerah, semoga Perda untuk disabilitas ini tidak lama lagi disahkan agar ke depannya yang menjadi hak mereka terlindungi, seperti yang di sampaikan juga td oleh Ketua PERTUNI, Adik Rifai " ungkapnya.

Sementara, Kadis Kominfo, Didin Maulana mengungkapkan, "Kami dari Diskominfo mengapresiasi kepada penyelenggara dan ketua panitia yang memberikan kesempatan kepada kaum disabilitas untuk menunjukkan kemampuannya."

"Saya pun sangat terharu ketika melihat performance dari adik-adik kita, tidak terasa sampai meneteskan air mata. Yang bisa kami berikan kepada mereka untuk saat ini adalah mempublikasikan kepada semua media agar ke depannya mereka bisa berkembang dan maju," paparnya.

Dalam kesempatan yang sama, Perwakilan Progam TJSL Krakatau Steel, Sofyan menambahkan, "Kami dari Krakatau Steel sangat men-support sekali. Sesuai dengan mandatori dari kementerian, untuk kegiatan yang sifatnya membangun kota, harus dibantu apalagi ini adalah adik-adik kita yang berkebutuhan khusus dan memiliki bakat dalam kemampuannya masing-masing."

"Melalui ajang seperti ini akan menggali potensi mereka untuk menjadikan mereka lebih baik lagi, percaya diri, dan lebih mandiri," ujarnya

Tak ketinggalan, Ketua Panitia Demmy Ananda Bahari mengucapkan terima kasih kepada semua yang telah membantu berlangsungnya acara ini.

"Terima kasih kepada Pemerintah Kota Cilegon, Dinas BPKPAD, Dinas Perkim, Dinas Kominfo, Dinas sosial, Protokoler, para donatur, dan tim panitia serta dewan juri yang sudah bekerja sama, sehingga acara puncak HUT RI ke-77 ini bisa berlangsung dengan baik. Juga para undangan dan teman-teman para difabel, semoga apa yang kami lakukan ini bisa lebih baik lagi kedepannya, dan bermanfaat," pungkasnya.

Komentar Via Facebook :