Program Studi BK Universitas Mulawarman Gelar Kuliah Umum Pendidikan Karakter Multikultural

Program Studi BK Universitas Mulawarman Gelar Kuliah Umum Pendidikan Karakter Multikultural

CYBER88 | Samarinda -- Guna menambah wawasan dari narasumber pakar di luar perguruan tinggi, Program studi Bimbingan dan Konseling Universitas Mulawarman menggelar kegiatan Kuliah Umum dan bekerja sama dengan Asosiasi Bimbingan dan Konseling Indonesia (ABKIN) Propinsi Kalimantan Timur. 

Kuliah umum secara resmi dibuka oleh Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang dalam hal ini diwakili oleh wakil dekan bidang 3. Adapun sebagai narasumber adalah Dr. Yosep, M.A yang juga dosen pakar dari Universitas Sriwijaya. 

Kegiatan dilaksanakan pada sabtu pagi (12/11) secara daring atau online via zoom meeting, kuliah umum ini dihadiri oleh para dosen, mahasiswa, guru BK dan juga masyarakat umum. 

Dalam materi yang disampaikan oleh narasumber mengatakan bahwa negara Indonesia adalah bangsa yang multikultural/ bhineka dimana terdapat banyak suku suku sehingga berpengaruh pada karakteristik manusia Indonesia, karakter sendiri memiliki arti ciri khas seseorang atau sekelompok orang yang mengacu pada serangkaian sikap, perilaku, motivasi dan ketrampilan.

Selain itu, lingkungan disekitar juga turut mempengaruhi kondisi karakter seseorang atau kelompok. 

"Guru bimbingan dan konseling atau konselor sekolah sebagai psiko pedagogik turut bertanggungjawab terhadap pendidikan karakter melalui pemberian program layanan. Untuk itu pendidikan karakter berbasis multikultural sangat diperlukan agar peserta didik dapat memahami arti dari perbedaan sehingga dapat bersatu dan saling menghargai dari perbedaan itu," tambahnya. 

Senada dengan narasumber, koordinator program studi Bimbingan dan Konseling Universitas Mulawarman Rury Muslifar mengatakan bahwa pendidikan karakter merupakan landasan fundamental dalam pendidikan dan saat ini sedang hangat diperbincangkan tentang pendidikan multikultural. 

Perlu diketahui bahwa Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Mulawarman saat ini merupakan salah satu program studi favorit pilihan calon mahasiswa di Kaltim.

"Kami sangat bangga bahwa prodi BK menjadi pilihan favorit bagi calon mahasiswa, ini terbukti secara grafik terdapat peningkatan jumlah peminat tiap tahun saat mendaftar di prodi kami," pungkas Rury. [Rudy]

Komentar Via Facebook :