Bekerja Sama Dengan KKP, Pemda Cirebon Buka Panen Petambak Digital Udang Vaname

Bekerja Sama Dengan KKP, Pemda Cirebon Buka Panen Petambak Digital Udang Vaname

CYBER88 I Cirebon - Kementrian Komunikasi dan Informatika I, Nyoman Hadiatna mengatakan, tugas dari Kominfo adalah mendorong terlaksananya transformasi digital termasuk dalam teknologi maritim yang saat ini sedang di lakukan.

"Kami bekerjasama dengan KKP mempercepat akselerasi transformasi digital di sektor maritim, dan ini diharapkan dapat mendorong transformasi digital disektor perikanan yang tentunya diharapkan dapat meningkatkan produktifitas para petambak udang, karena dengan teknologi digital akan lebih efisien, dan menjanjikan akan hasil produksinya " tegasnya. Jumat, (25/11/22).

Kabupaten Cirebon adalah daerah terbesar di Jawa Barat yang memproduksi udang Vaname, karena budidaya udang menjadi usaha bagi petambak Kabupaten Cirebon yang menjanjikan, sekalipun dengan modal besar yang tidak di imbangi dengan digital sensor suhu air yang bisa beresiko tinggi.

Maka dengan kehadiran Kementrian Komunikasi dan Informatika yang bekerjasama dengan Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) dan Jalatech melalui optimalisasi penggunaan teknologi digital sensor kwalitas air dengan melibatkan para petambak udang di Kecamatan Pangenan diharapkan menjadi solusi yang dapat meningkatkan produksi yang dapat meningkatkan kesejahteraan bagi petambak udang di Kabupaten Cirebon.

Bupati Cirebon yang diwakili Bupati Cirebon Hj. Wahyu Tjiptaningsih membuka acara Panen Petambak Digital 4.0. Pemanfaatan teknologi digital untuk menyejahterakan para petambak di Kabupaten Cirebon. Acara diselenggarakan di halaman Parkir Kantor Kecamatan Pangenan, Kabupaten Cirebon Jawa Barat, Kamis 24/11/22 dan  di hadiri oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika, Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP), Jalatek, Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Cirebon.

Dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Cirebon Wahyu Tjiptaningsih mengatakan Kabupaten Cirebon memiliki panjang pantai 77, 79 km, dan memiliki 8 Kecamatan pantai timur dan utara dan  dari 8 Kecamatan tersebut memiliki potensi tambak seluas 7.500H dengan budidaya air payau 6.089H, jumlah pembudidaya 4.330 orang, dan pada tahun 2021 produksi udang vaname di Kabupaten Cirebon mencapai 6.727 ton dengan nilai lebih dari Rp. 47 M.

"Namun hasil produksi tersebut belum di imbangi dengan pemanfaatan teknologi digital sensor kwalitas airnya yang menjadi faktor penting dalam hidup dan pertumbuhan udang," ujar Wabup Wahyu mewakili Bupati Cirebon.

Komentar Via Facebook :