Proyek Revitalisasi Gedung Sekolah di Mesuji Berpotensi Rugikan Uang Negara, Ini Kata PPK Disdik

Proyek Revitalisasi Gedung Sekolah di Mesuji Berpotensi Rugikan Uang Negara, Ini Kata PPK Disdik

CYBER88 | Mesuji, -- Pembangunan proyek revitalisasi gedung sekolah pada program Dana Alokasi Khusus (DAK) 2023 di Kabupaten Mesuji diduga tidak sesuai dengan Rencana Anggaran Biaya (RAB) serta disinyalir berpotensi rugikan uang negara hingga ratusan juta rupiah. 

Berdasarkan penelusuran di beberapa titik lokasi, yang dikerjakan oleh CV Bocil Rp. 3,M lebih, CV Vilar Buana Rp. 2,8 M, CV Tiga serangkai Mesuji nilai Rp.3,7 M, CV Kendedes Rp.2,4 M diduga kuat menggunakan material dibawah standar yang telah ditentukan. Alhasil, pembangunan terkesan asal jadi. 

Salah satu contoh, pada pengerjaan revitalisasi SD Negeri 14 Mesuji Timur yang berlokasi di Desa Tanjung Mas Makmur oleh CV Pilar Buana dengan pagu anggaran 2,8 Milyar lebih disinyalir dikerjakan asal jadi dan menggunakan material tidak sesuai RAB yang di tentukan.

Hal ini menjadi sorotan beberapa pihak termasuk warga sekitar seperti diungkapkan oleh HR yang menilai Hasil pembangunannya terkesan asal jadi baik dari pengecoran maupun lainnya.

"Apalagi material yang digunakan seperti contoh hollow untuk rangka plafon yang di gunakan ukuran nya sangat kecil tidak sesuai standar speck yg ditentukan padahal setahu saya ukuran yang sesuai adalah 3.6x3.6 bahkan ketebalan plafon juga tidak sesuai dengan ukuran semestinya. 

Sebab saya juga tukang biar sedikit saya juga memahami, begitu pun dengan geranit yang digunakan kualitas nya di bawah standar tentu itu berpengaruh pada kualitas bangunan oleh sebab nya saya minta ini di tindak lanjuti," Ujarnya. 

HR meminta kepada pemerintah atau dinas terkait, agar segera meninjau langsung hasil pengerjaan proyek tersebut ke lokasi.

"Oleh karena itu, saya harap pemerintah khususnya dinas terkait, supaya turun kelokasi dan kroscek langsug hasil pekerjaan proyek itu, bila perlu dibongkar saja, agar tahu kualitas yang sebenarnya," Pintanya. 

Menaggapi hal tersebut, Pejabat Pembuat Komitmen Dinas Pendidikan Kabupaten Mesuji memastikan akan melakukan pembongkaran pada bangunan yang tidak sesuai. 

"Kita pastikan dalam waktu dekat akan kroscek ke lapangan, jika di temukan ada bangunan maupun material yang di gunakan tidak sesuai maka itu harus di bongkar," Kata Geri. (A Gun)

Komentar Via Facebook :