Pendidikan PAUD YAA BUNAYYA ASBI Foundation Mendapatkan Visitasi Akreditasi BAN-PDM
Cyber88 | Bandung - hari yang cerah yang menjadi awal titik kebahagiaan bagi keluarga besar ASBI Foundation yang meliputi bidang kerja pendidikan.(Jum'at, 23 Agustus 2024)
Dimana tepatnya hari ini yang di awalli pukul 07.30 acara Visitasi Akreditasi dari BAN-PDM ( Badan Akreditasi Nasional ) yang di hadiri oleh Ibu Azizah Tasrifien,S.H,M.H Serta Ibu Cucu Susianti,M.pd serta pula dihadiri dari beberapa pejabat yang bersangkutan seperti badan Pengawas dari PKG,HIMPAUDI,IGTKI,PENILIK serta pula dihadiri dari Dewan Pengurus Yayasan Aksi Senyum Bersama Indonesia.
Seperti yang kita ketahui ternyata Yayasan Aksi Senyum Bersama Indonesia atau kerap di sapa ASBI Foundation tidak hanya bergelut di bidang Sosial Kemanusiaan saja melainkan dari beberapa aspek termasuk Pendidikan bahkan dengan pendidikan secara gratis seperti PAUD Ya Bunayya dan PAUD Al Farizi.
Adapun Visitasi Akreditasi ini meliputi :
Standar 1 : Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak
Surat permohonan Akreditasi.
Ijin Operasional yang masih berlaku
Data jumlah peserta didik (minimal 10 anak) pada tahun berjalan
Naskah kurikulum yang dikembangkan sekolah Sertifikat kompetensi pendidik di bidang PAUD (sertifikat diklat atau ijazah PAUD) Dokumen DDTK yang mencakup berat badan, tinggi badan dan lingkar kepala
Grafik berat badan vs tinggi badan
Grafik tinggi badan vs usia
Grafik lingkar kepala Dokumen Data Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak sesuai dengan kelompok usia yang meliputi 6 aspek perkembangan
DDTK, KMS, KPSP (Kuisioner Pra Skrining Perkembangan) dalam buku DDTK
Standar 2 : Standar Isi
Dokumen kurikulum mencakup:
Visi, Misi, Tujuan,
Muatan Pembelajaran yang mengacu pada KI dan KD Pengaturan lama belajar
Kalender Pendidikan
Program Semester
RPPM, RPPH
Naskah Acuan Kurikulum Nasional
Naskah Acuan Kurikulum Internasional dari ……..
Acuan yang menunjukkan kekhasan satuan misal: acuan muatan lokal dari perda, atau dari yayasan atau ……
Notulen rapat yang menunjukkan agenda evaluasi kurikulum
Daftar hadir rapat
Berita acara hasil rapat yang memuat tentang pembahasan kurikulum sebelumnya dan kurikulum yang baru ditetapkan
SK/Penetapan kurikulum yang akan digunakan
Panduan perlindungan terhadap kekerasan fisik
Panduan perlindungan terhadap kejahatan seksual
Panduan perlindungan terhadap kekerasan psikis
Panduan perlindungan terhadap diskriminasi
Standar 3 : Standar Proses
Dokumen Program Semester yang memuat minimal unsur:
Daftar tema atau topik
Subtema dalam setiap tema
Alokasi waktu setiap tema
Kompetensi dasar dalam setiap tema
Dokumen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM) yang memuat minimal unsur:
Identitas program layanan (nama satuan semester, bulan/minggu, tema, sub tema, kelompok usia)
Aspek perkembangan dan kompetensi dasar yang dipilih
Materi pembelajaran
Rencana kegiatan
Dokumen RPPH atau modul ajar dengan minimal unsur:
Identitas program layanan (nama satuan, semester/bulan/ minggu, Hari ke/bulan/ tahun)
Tema/subtema
Kelompok usia
Alokasi waktu
Kegiatan pembukaan
Kegiatan inti
Kegiatan penutup
Penilaian perkembangan anak
Media (alat bahan)
Dokumen pelaksanaan program Holistik-Integratif mencakup:
Layanan Kesehatan (foto/jurnal kegiatan pemeriksaan kesehatan)
Layanan gizi (foto atau jurnal kegiatan pemberian asupan tambahan, pemberian susu, dll)
Perawatan (foto atau jurnal kegiatan gosok gigi, dll)
Pengasuhan (foto kegiatan pengasuhan anak, mengganti baju dll)
Perlindungan (dokumen akte kelahiran, KMS, dll)
Dokumen bentuk keterlibatan orang tua pada satuan PAUD:
Buku penghubung orang tua dengan guru
Dokumentasi kegiatan pertemuan dengan orang tua yang dilaksanakan sekolah
Dokumentasi orang tua sebagai nara sumber di sekolah
Dokumentasi keterlibatan orang tua dalam kegiatan pentas akhir
SK Komite atau dokumentasi kegiatan pertemuan komite
Dokumen/jurnal-tabel supervisi pembelajaran yang mencakup:
Waktu pelaksanaan supervisi
Nama guru yang disupervisi
Temuan supervisi
Tindak lanjut supervisi
Standar 4 : Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan
Ijazah semua pendidik yang ada di dalam data dapodik
Sertifikat-sertifikat peningkatan kompetensi pendidik sesuai data pendidik yang ada di dapodik yang selaras dengan kompetensi pendidik PAUD
Ijazah Semua tenaga kependidikan yang ada di dalam data dapodik
Sertifikat-sertifikat peningkatan kompetensi tenaga kependidikan sesuai data tenaga kependidikan yang ada di dapodik yang selaras dengan kompetensi pengelola/tenaga kependidikan
Standar 5 : Standar Sarana dan Prasarana
Data disertai foto:
Alat bermain sensorimotor (bola berbagai ukuran, plastisin, tanah liat, ply dough, dll)
Alat bermain peran (boneka profesi, alat musik, dll
Alat bermain pembangunan (balok, puzzle, pasir)
Alat bermain seni (alat musik, alat lukis, dll)
Alat bermain keaksaraan (buku, alat tulis, gambar, dll)
Alat bermain luar (perosotan, tangga titian, tangga pelangi, dll)
Foto toilet dengan air bersih
Foto fasilitas cuci tangan
Foto tempat sampah yang tertutup dan tidak tercemar
Denah dan foto gedung dan peruntukannya lengkap dengan ukuran total
Bukti kepemilikan lahan (sertifikat, perjanjian sewa, atau perjanjian hak guna/pinjam pakai, dll)
Foto ruang kegiatan anak
Foto ruang pendidik dan tenaga kependidikan
Ruang lain selain poin 5.1.2
Foto dan bukti bayar listrik
Foto dan bukti bayar air
Foto dan bukti bayar alat komunikasi milik sekolah
Foto dan bukti bayar fasilitas internet untuk sekolah
Standar 6 : Standar Pengelolaan
Naskah visi, misi, tujuan
Naskah rencana kerja dalam bentuk renstra atau tabel yang meliputi rencana kerja tentang:
Peserta didik
Kurikulum dan kegiatan pembelajaran
Pendidik dan tenaga kependidikan
Sarana dan prasarana
Pendanaan
Peran serta masyarakat
Dokumen kalender pendidikan milik sekolah yang mencantumkan:
Penetapan awal tahun ajaran
Waktu efektif pembelajaran
Hari-hari libur yang bersifat fleksibel
Penetapan akhir tahun ajaran
Penetapan waktu penyerahan laporan berkala
Lainnya…….
Lengkapi juga kalender pendidikan dari dinas pendidikan sebagai acuan.
Naskah struktur organisasi yang mencantumkan
Nama personalia
Jabatan personalia
Alur tanggung jawab
Semakin lengkap jika disertai foto.
Naskah Job deskripsi pegawai dan pendidik
Kepala PAUD
Pendidik/Guru
Tenaga Kependidikan sesuai jabatannya (sekretaris, bendahara, staf admin, dst)
Panduan/pedoman/SOP pengembangan kurikulum
Panduan/pedoman/SOP pelaksanaan pembelajaran
Panduan/pedoman/SOP penggunaan sarana prasarana
Panduan/pedoman/SOP administrasi dan ketatausahaan
Panduan/pedoman/SOP program keorganisasian
Panduan/pedoman/SOP lainnya ……….
Daftar peserta didik lengkap dengan nama gurunya usia lahir – 2 tahun
Daftar peserta didik lengkap dengan nama gurunya usia 2-4 tahun
Daftar peserta didik lengkap dengan nama gurunya usia 2-4 tahun
Daftar peserta didik lengkap dengan nama gurunya usia 2-4 tahun total (JIKA SISWA DICAMPUR)
Jadwal pembelajaran HARIAN; hari senin sampai Jumat/Sabtu (sesuai ketentuan sekolah) masing-masing kelompok usia yang dilayani sekolah (centang semua jika ada semua dan upload masing-masing usia):
Usia 0-2 tahun ≥ 120 menit
Usia 2-4 tahun ≥ 150 menit
Usia 4-6 tahun ≥ 180 menit
Jadwal pembelajaran MINGGUAN; hari senin sampai Jumat/Sabtu (sesuai ketentuan sekolah) masing-masing kelompok usia yang dilayani sekolah (centang semua jika ada semua dan upload masing-masing usia):
Usia 0-2 tahun ≥ 120 menit
Usia 2-4 tahun ≥ 150 menit
Usia 4-6 tahun ≥ 180 menit
Daftar hadir pendidik (berbasis kelas)
Daftar hadir tenaga kependidikan (berbasis hari)
Jurnal supervisi pemilik/yayasan/ pemerintah ke sekolah yang mencakup:
Tujuan supervisi
Temuan supervisi
Umpan balik
Tindak lanjut
Standar 7 : Standar Pembiayaan
RAB yang di dalamnya ada biaya investasi, operasional dan personal
Buku Kas
Laporan keuangan
Standar 8 : Standar Penilaian
Dokumen penilaian perkembangan anak yang memuat:
Tujuan Penilaian
Prinsip Penilaian
Prosedur Penilaian
Teknik penilaian
Waktu Penilaian
Prosedur pengolahan data
Prosedur pelaporan
Ceklis
Catatan anekdot
Hasil Karya
Capaian perkembangan
Foto berseri
Laporan semester (raport)
Laporan tahunan (ijazah dan laporan perkembangan anak tahunan dalam setahun/ rangkuman akhir)
" Tutur ibu Cucu Susianti,S.pd yang di aminkan oleh Ibu Azizah Tasrifien,S.H,M.H. "
Semoga dengan adanya visitasi ini berbuah hasil yang memang terbaik sesuai yang di harapkan Tutur ibu Rika Rahmawati,S.Pd selaku ketua pengelola bidang kerja pendidikan ASBI Foundation.
Tentunya kami selaku pihak dari Yaa Bunayya yang beralamatkan di Kp. Legokloa RT 01 RW 08 Desa Langonsari Kecamatan Pameungpeuk Kabupaten Bandung sangat berbahagia atas kunjungan serta bantuan doa dari seluruh pihak baik dari jajaran lembaga pemerintah serta dari orang tua murid.
Komentar Via Facebook :