Gubernur Riau Panen Jagung Yang Ditanam Sendiri 3 Bulan Lalu di RA Kopi Aren, Menghimbau Masyarakat Manfaatkan Lahan Terlantar

Gubernur Riau Panen Jagung Yang Ditanam Sendiri 3 Bulan Lalu di RA Kopi Aren, Menghimbau Masyarakat Manfaatkan Lahan Terlantar

CYBER88 | Pekanbaru - Gubernur Riau Drs H Syamsuar, M.Si melakukan panen jagung perdana di kawasan agrowisata RA Kopi Aren yang berlokasi di Palas, Pekanbaru, Senin (19/10/2020). Jagung yang dipanen gubernur tersebut merupakan bibit yang ditanamnya sendiri tiga bulan yang lalu.

Panen jagung perdana yang di lakukan Gubernur Riau Drs H Syamsuar, MSi dari benih jagung yang ditanam gubernur sendiri tiga bulan lalu di Kawasan Agrowisata Ra Kopi Aren Palas, Pekanbaru, Senin (19/10/20).

Gubernur didampingi Ketua Santri Tani Indonesia (Santani) Rusli Ahmad dan Bendahara Umum Santani Alexander Pranoto saat melakukan panen perdana tersebut, di hadir juga oleh Kadis Pertanian Riau Syahfahlevi, Ketua Komisi Informasi Riau, Zufra Irwan, Ketua SMSI Noprizon Burman, Sekjen DPP Aliansi Pewarta Pertanian Indonesia (APPI) Satria Utama, dan Mantan Ketua PWI Riau, Dheni Kurnia.

Ketua DPP Santani, Rusli Ahmad, Ketua DPP Santani mengatakan, "panen jagung yang dilakukan saat ini menjadi pembuktian bahwa potensi pertanian di Riau sangat besar dan diharapkan dapat memotivasi seluruh masyarakat Riau untuk memanfaatkan lahan tidur untuk ditanami dengan tanaman pangan".

"Tiga bulan lalu Pak Gubernur menanam benih jagung di lahan ini, dan hari ini sama-sama kita saksikan Pak Gubernur langsung memanennya, ini membuktikan bahwa lahan di Riau subur dan mudah untuk ditanami dan tidak ada alasan untuk kita takut mengembangkan usaha pertanian," ujarnya.

Rusli Ahmad juga mengajak dan mengharapkan pemerintah daerah agar bersinergi dengan kelompok-kelompok tani dan ormas untuk mengembangkan sektor tanaman pangan supaya Riau dapat menjadi daerah swasembada pangan.

Gubernur mengapresiasi upaya DPP Santani memotivasi dan memberi semangat bertani kepada berbagai lapisan masyarakat, karena menurutnya akan sangat membantu serta mendukung ekonomi petani di saat dunia dalam bayang-bayang pandemi Covid-19.

"Saya menghimbau kepada masyarakat Riau agar bersama-sama memanfaatkan lahan yang ada untuk ditanami dengan tanaman pangan, baik itu padi, jagung atau umbi-umbian, dengan semangat dan tekad bersama mengembangkan sektor pertanian, maka kita kelak akan dapat swasembada pangan," harap Syamsuar.

Selesai melakukan panen jagung, Gubernur bersama rombongan melanjutkan pertemuan dengan ramah tamah sambil berdiskusi mengenai masalah pertanian sambil menikmati jagung rebus hasil panen tersebut.**

Komentar Via Facebook :