Era 4.0, Jokowi Minta Dokter RI Belajar Robot

Era 4.0, Jokowi Minta Dokter RI Belajar Robot

CYBER88 | Sumsel -- CNBC Indonesia menulis Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan dampak Revolusi Industri 4.0 dan disrupsi teknologi, Rabu (13/10/2021).

Salah satu yang disoroti Jokowi perkembangan advance robotics atau penggunaan robot untuk mengerjakan tugas tugas manusia yang kompleks.

Ia pun meminta kampus untuk mengadopsi teknologi dengan cepat untuk mempersiapkan Sumber Daya Manusia yang memiliki daya saing.

Jokowi meminta mahasiswa dan mahasiswi kedokteran saat ini untuk ikut mempelajari advance robotics. Mereka harus memiliki skill hibrid.

"Dokter sekarang sudah bukan hanya mengurusi obat dan lainnya tetapi juga harus mengerti urusan robotic karena operasi (surgery) saat ini bisa dilakukan dengan advance robotics dan secara jarak jauh," jelasnya dalam acara Pengarahan Presiden RI kepada peserta Program Pendidikan Singkat Angkatan (PPSA) XXIII dan Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) LXII Tahun 2021 Lemhannas RI, Rabu (13/10/2021).

Jadi dokter di fakultas kedokteran harus segera mulai ada mata kuliah robotic sehingga skill hal-hal baru selalu diupdate teknologinya karena mungkin yang diajarkan guru dosen semester ini, semester depan sudah usang.

Jokowi menambahkan kehadiran terobosan Tehnologi dalam sektor kesehatan harus segera agar tidak tertinggal dari negara lain. [EFK]

Komentar Via Facebook :