Festival Sate Bandeng dan Rabeg Sebagai Masakan Ciri Khas Kota Cilegon

Festival Sate Bandeng dan Rabeg Sebagai Masakan Ciri Khas Kota Cilegon

CYBER88 | Cilegon -- Pemerintah Kota Cilegon melalui Dinas Koperasi dan UMK Kota Cilegon pekan ini menyelenggarakan event “Cilegon Rabeg and Sate Bandeng Festival 2021," Bertempat dihalaman rumah dinas Walikota Cilegon, Jumat- Sabtu (12-13/11/2021).

Dwi Woro selaku Ketua Penyelenggara Festifal mengatakan kepada media, Festival ini baru pertama kali diselenggarakan oleh kota Cilegon dalam rangka mengukuhkan rabeg dan sate bandeng sebagai icon kuliner Kota Cilegon.

Acara dibuka oleh Kepala Dinas Koperasi dan UMK Kota Cilegon Rasmi Widyani serta dimeriahkan dengan berbagai kegiatan seperti funrobic, talkshow, lomba foto produk, dan kompetisi masak rabeg dan sate bandeng Cilegon. 

Dwi Woro yang juga merupakan, bendahara Koperasi Mitra Berkarya (KMB), mengajak UMKM dan masyarakat umum yang ada di Kota Cilegon untuk ikut berperan aktif dan memeriahkan acara tersebut dalam menyehatkan dan mengakrabkan para pelaku UMKM serta menjadikan rabeg dan sate bandeng sebagai kuliner khas Kota Cilegon yang akan banyak dicari oleh Wisatawan.

"Acara Cilegon Rabeg dan Sate Bandeng Festival adalah kompetisi antar master rabeg dan master sate bandeng yang pesertanya pelaku UMKM Cilegon dengan produk rabeg dan sate bandeng mewakili semua kecamatan di Kota Cilegon," jelasnya.

Di lokasi yang sama Ratu Eva Vanela sebagai chef mengatakan, kemarin juara bandeng ada salah satu yang dia lebih unggul dibanding yang lain, sudah ada salah satu yang dipilih, syarat kemenangannya dia dari segi kebersihannya, rasanya, tampilan juga.

"Kebersihan itu sendiri juga dilihat dari cara dari ketika dia masak ya dan setelah penyajian setelah masak itu kebersihan itu juga dapat penilaian, tapi yang paling penting rasanya," ujarnya

"Harapannya sih, UMKM bangkit lagi karena kan pandemik ini untuk usaha usaha UMKM istilahnya menengah kebawah ya untuk menengah keatas aja kemarin sempat terpuruk ya, mudah-mudahan berganti tahun sebentar lagi kita lepas dari covid dan peserta- peserta juga untuk tahun- tahun berikutnya bisa lebih banyak lagi," jelasnya.

Kegiatatan ini ditutup dengan malam apresiasi UMKM Cilegon yang  dihadiri oleh Walikota Cilegon Heldy Agustian dan Wakil Walikota Sanuji Pentamarta. Acara berlangsung sangat meriah tanpa mengabaikan protokol kesehatan. [Kiky]

Komentar Via Facebook :