RT 03 Kampung Ciwaluh Lakukan Vaksinasi Massal

RT 03 Kampung Ciwaluh Lakukan Vaksinasi Massal

CYBER88 | Bogor -- Ketua RT 03 Kampung Ciwaluh, Desa Wates Jaya, Kec. Cigombong, Kabupaten Bogor menggelar vaksinasi massal untuk warga dengan kuota 211 dosis yang dilaksanakan di kediaman Ketua RT 03, Jum'at (26/11/2021).

Saat ditemui awak media Cyber88, Ketua RT 03 Kampung Ciwaluh, Kiharib mengatakan, ada empat tahapan yang perlu dilakukan oleh warga yang akan divaksin, yakni registrasi, skrining kesehatan, penyuntikan vaksin dan penerbitan sertifikat vaksinasi, setelah proses  administrasi dengan mencocokan database.

"Selanjutnya penerima vaksin diminta untuk mengisi formulir, formulir itu intinya bahwa saya siap mendapatkan vaksinasi," Kata Ketua RT03.

Adapun tahap sebelum di vaksinasi warga akan dilakukan proses screening kesehatan terlebih dahulu, seperti cek tekanan darah, suhu badan, mengisi data terkait riwayat penyakit, dan lainnya. Setelah lolos baru disuntik (vaksin).

Petugas yang melakukan vaksinasi mengatakan, Vaksinasi ini adalah salah satu cara untuk membentuk herd immunity bagi masyarakat. 

"Untuk membentuk herd immunity ini harus dilakukan secara bersama-sama dalam waktu yang tidak terlalu lama," 

Salah satu penerima vaksin mengaku, IRpan  setelah menerima suntikan Badan saya merasa Seger Asal pegel pegel

Untuk diketahui, Vaksin adalah bahan antigenik yang digunakan untuk menghasilkan kekebalan terhadap suatu penyakit. 

Pemberian vaksin (imunisasi) dilakukan untuk mencegah atau mengurangi pengaruh infeksi penyebab penyakit-penyakit tertentu. 

Vaksin biasanya mengandung agen yang menyerupai mikro organisme penyebab penyakit dan sering dibuat dari mikroba yang dilemahkan atau mati, dari toksinnya, atau dari salah satu protein permukaannya.

"Alhamdulilah yang datang untuk di vaksinasi dari pukul 9 pagi sudah ada hampir 168 orang," tutup Ketua RT 03.[Alip wadi]

Komentar Via Facebook :