Dispusip Kabupaten Bandung Sedang Menggalakan Kabupaten Bandung Yang Bedas Literat, Salam Literasi keren dan asyik

Dispusip Kabupaten Bandung Sedang Menggalakan Kabupaten Bandung Yang Bedas Literat, Salam Literasi keren dan asyik

CYBER88 | Bandung -- Olan Muslim Setawerdaya selaku ketua Panitia Dispusip Kabupaten Bandung mengatakan, lomba bertutur digelar dengan tujuan meningkatkan kemampuan anak-anak dalam mendongeng sehingga literasi anak-anak Indonesia, khususnya di Kabupaten Bandung bisa tumbuh dengan baik. 

"Supaya anak-anak kabupaten Bandung memiliki kemampuan menyampaikan narasi, ide-ide, dengan bercerita. Dan anak-anak memiliki kemampuan menggali ilmu pengetahuan dan menyampaikannya secara atraktif kepada teman-temannya," katanya. 

Lomba bertutur, menurut Olan Muslim Setawerdaya, merupakan salah satu upaya Dispusip Kabupaten Bandung,untuk membangkitkan budaya mendongeng kepada anak-anak karena dengan berdongeng, anak-anak dapat menangkap pesan moral melalui cerita cerita yang baik. 

“Kami bangkitkan kembali kebiasaan mendongeng, story telling dengan cerita-cerita yang baik sehingga interaksi antara orang tua dengan anak juga bisa terbangun. Kemudian ada proses pewarisan budaya yang baik sehingga budaya literasi ini bisa menjadi karakter masyarakat Kabupaten Bandung,” jelasnya.

Olan Muslim Setawerdaya, berharap dengan adanya lomba bertutur, anak-anak terangsang untuk mendongeng serta menghimbau para orang tua di Kabupaten Bandung untuk secara rutin mendongengkan kisah-kisah sejarah yang ada di Kabupaten Bandung kepada anak-anak.
 
“Kami berharap agar anak-anak kita punya kemampuan untuk menggali cerita-cerita budaya lokal Kabupaten Bandung. Anak-anak terbiasa untuk melakukan pendalaman-pendalaman kemudian menceritakan kepada teman-temannya dan juga agar mendongeng ini harus menjadi budaya di masyarakat Kabupaten Bandung,” imbuhnya.

Olan Muslim menyatakan, mungkin anak-anak generasi sekarang sudah banyak yang tidak merasakan bagaimana nikmatnya diberikan cerita oleh orang tuanya, berdongeng, dan mungkin hal ini suatu saat bisa hilang.

“Untuk orang tua agar terbiasa menceritakan, mendongeng sebelum anak-anak tidur," ujar Olan Muslim, di Gedung Dewi Sartika Soreang Bandung.

Komentar Via Facebook :