Festival Budaya Keerom Ke- VII Jadi Perhatian Pemkab, Bupati: Warga Diminta Partisipasi

Festival Budaya Keerom Ke- VII Jadi Perhatian Pemkab, Bupati: Warga Diminta Partisipasi

CYBER88 | Kab. Keerom, PAPUA -- Menjelang acara tahunan Festival Kabupaten Keerom yang ke-VII, yang disepakti tanggal 22-24 November 2022 besok di lapangan sepak bola Swakarsa, terlihat berbagai persiapan telah dilakukan. 

Festival Budaya Keerom akan segera di gelar di Lapangan Sepak Bola Swakarsa, Kampung Asyaman Distrik Arso, Kabupaten Keerom. Pada festival ini pulalah, wisatawan akan disuguhkan budaya asli Keerom yang mana banyak keunikannya.

Seperti biasanya, sebagai anak Keerom yang menghargai Adat-istiadat Kabupaten Keerom, Bupati Piter Gusbager mewakili Pemerintah Kabupaten Keerom kembali membuktikan kepeduliannya terhadap pelestarian budaya dan nilai-nilai luhur keadatan budaya Keerom.

Bupati juga menghimbau kepada seluruh komponen masyarakat Keerom agar dapat mengambil bagian dalam event penuh kreasi besok. Dirinya juga meminta kepada segenap tokoh adat Keerom, agar bersinergi bersama pemkab Keerom demi mensukseskan ajang budaya tersebut. Dukungan pun datang dari nerbagai kalangan termasuk dari Ketua LSM WAGAB, Yerry Basri Maak, SH.

"Bagi saya, ini momen yang sangat menarik dan luar biasa. Ini kali ke Tujuh Pemkab Keerom menggelar festival ini. Kita ikuti tidak semua daerah di Papua melakukannya. Padahal kegiatan seperti ini, dari pergelaran Festival Budaya Keerom besok, sudah jelas akan berdampak positif bagi generasi muda Keerom,"”Ungkap Yerry pada awak media di Abepura, Senin (21/11/2022)

Untuk itu kami mengharapkan keterlibatan aktif masyarakat adat harus terlihat, untuk menampakan wajah Keerom bersama beragam budayanya yang unik bisa disaksikan masyarakat luar yang ingin melihat keindahan alam Papua, khusunya di Kabupaten tapal batas ini," ujarnya melanjutkan.

Yerry juga sangat mengapresiasi komitmen Bupati Piter Gusbager, Wakil dan juga Sekda, yang terus memberikan motivasi dan dukungan kepada masyarakat adat Keerom guna memelihara dan ikut melestarikan budaya Keerom sebagai wujud solidaritas, keselarasan, juga bagi terciptanya budi pekerti.

Festival Budaya Keerom merupakan ajang berkreasi seniman. Kabupaten Keerom sendiri memiliki 19 etnis atau suku yang tersebar di wilayah kabupaten Keerom dengan budayanya yang sangat kaya dan sangat potensial.

Biasanya dalam pergelaran Festival ini jenis tari yang ditampilkan dalam kegiatan ini adalah tarian tradisional non-sakral atau tarian tradisional kreatif. Hingga kini, tarian itu masih tetap hidup, berkembang, dan mewakili kebudayaan dari masing-masing distrik di Kabupaten Keerom.

Biasanya melibatkan seluruh sanggar tari yang ada di Kabupaten Kerom dengan jenis tari-tarian yang bervariasi,” Pungkasnya. (Nando)

Komentar Via Facebook :