Gereja Katolik Tanjungpinang Rayakan Pesta Perak, Mgr. Andrianus Sunarko, OFM: Amalkan Agama dan Negara

Gereja Katolik Tanjungpinang Rayakan Pesta Perak, Mgr. Andrianus Sunarko, OFM: Amalkan Agama dan Negara

CYBER88 | Tanjungpinang - Mengusung Tema "Gereja Katolik Berkomitmen Membangun Persaudaraan Antar Umat Beragama di Tanjungpinang", Ratusan umat Katolik merayakan hari jadi Gereja Katolik Kristus Raja ke - 25 dan Gereja Hati Santa Maria Tak Bernoda ke - 90, Minggu (20/11/2022).

Hari jadi Gereja Katolik ini dibuka melalui misa yang dipimpin oleh Uskup Pangkalpinang, Mgr. Adrianus Sunarko, OFM. 

Usai misa, Gubernur Kepri yang diwakili oleh Kadis Nakertrans Kepri, Mangara Simarmata, menyinggung toleransi yang telah terawat sejak dulu di Kepulauan Riau.

"Sudah cukup lama, dan ini merupakan simbol bahwa masyarakat Kepulauan Riau sangat menerima perbedaan" sebutnya

Uskup Pangkalpinang, Mgr. Andrianus Sunarko, OFM, dalam kesempatan mengharapkan agar momen tersebut dapat mendorong agar gereja semakin berkembang kedepannya dalam mengamalkan nilai agama dan bernegara.

"Gereja Katolik dapat berkembang dengan mencintai persatuan dan kesatuan yang ada di  Indonesia" imbuhnya

Adrianus juga mengapresiasi tingginya toleransi yang ada di Kepulauan Riau.

" Ini dapat menjadi model dan contoh yang baik ya. Jangan tunggu konflik dulu, tapi harus dibina secara terus menerus, saya senang bila hal ini (toleransi) dapat terjaga" harapnya 

Sebelumnya, pada Sabtu (19/11/2022) lalu. Rangkaian awal kegiatan hari jadi Gereja Katolik ini di tandai dengan kegiatan kenduri yang dihadiri oleh Walikota Tanjungpinang, Rahma dan sejumlah tokoh agama serta FKUB Tanjungpinang.

Dalam kesempatan, Kepala Paroki Hati Santa Maria Tak Bernoda Tanjungpinang, Romo Agustinus Dwi Pramodo menuturkan, kegiatan ini merupakan wujud syukur atas hari jadi Gereja Katolik di Tanjungpinang.

"Kegiatan hari ini hanya mengumpulkan tokoh-tokoh agama, masyarakat, dan pemerintah untuk bersyukur bersama kami merayakan 25 tahun Gereja Raja Kristus dan 90 tahun Gereja Santa Maria Tak Bernoda," kata Kepala Paroki Hati Santa Maria Tak Bernoda, Romo Agustinus Dwi Pramodo, Sabtu (19/11/2022). 

Romo Pramodo menuturkan, dalam perayaan kali ini, Gereja Katolik berkomitmen membangun persaudaraan antar umat beragama di Tanjungpinang. 

"Kita mewujudkan persaudaraan sejati antar umat beragama di Kota Tanjungpinang," tuturnya. 

Diketahui kegiatan itu sendiri merupakan rangkaian kegiatan perayaan Pesta Perak atau hari jadi ke - 25 Gereja Katolik Kristus Raja dan Gereja Hati Santa Maria Tak Bernoda Tanjungpinang yang ke 90 tahun.

Komentar Via Facebook :