Pembangunan SPAM-BM di Desa Kramat Melewati Batas Waktu, Dinas PU: Itu Tidak Boleh 

Pembangunan SPAM-BM di Desa Kramat Melewati Batas Waktu, Dinas PU: Itu Tidak Boleh 

CYBER88 | Gresik -- Terkait Pembangunan SPAM-BM di Desa Kramat Kecamatan Duduksampean Kabupaten Gresik Jatim yang sudah lewat batas waktu, pihak PU menandaskan bahwa itu tidak boleh. Sebelumnya diberitakan, keterlambatan program tersebut dipertanyakan warga.

"Sebenarnya tidak boleh karena laporannya kan dia kena juga, kalau ada telat seperti ini pasti harus ada teguran dari pihak terkait termasuk dari saya juga, dan saya akan kesana lagi untuk mengecek," Ucap Yuni, staf Cipta Karya di Dinas PU Kabupaten Gresik saat ditemui awak media, Rabu (18/1/2022).

Tegurannya administrasi dan mereka harus segera menyelesaikan. Sebenarnya kemarin sudah saya panggil kelompoknya dengan pak kades juga untuk segera menyelesaikan pas waktu bulan Desember itu."Lanjut dia.

Staf Cipta Karya ini pun menjelaskan bahwa pencairan uangnya bukan di bulan Nopember tapi di bulan Oktober.

"Sebenarnya pengajuan mereka sudah lama, tapi kita stop karena masih belum ada tes Sondir untuk mengecek kekuatan tanah. Pencairannya ya memang terlambat karena kita harus memastikan kondisinya. kemarin itu pencairannya bulan Oktober, ya mungkin pak kades bilang pencairan bulan November itu karena dia nggak pegang SP2D nya." Kata Yuni.

Sebelumnya saya sudah bilang ke desa bahwa harus sudah punya perencanaan, dan ini dikerjakan oleh kelompok seharusnya lebih fleksibel. Kelompok itu kan juga dipilih oleh desa, paling tidak harus bisa kordinasi dengan desa karena ada dana sharing juga dari desa. 

Ia pun menegaskan, kedeoan, pihak dinas akan lebih selektif lagi ketika desa Kramat mendapatkan program.

"Ketika saya kesana bersama tim waktu itu, sudah sesuai. Tapi, pelaksanaannya mundur, karena salah satunya menunggu hasil tes Sondir. Dengan adanya kejadian ini, kita akan lebih selektif lagi ketika mereka mendapatkan program, dan memastikan kesiapan pengerjaan proyek." Pungkasnya.

Baca Juga: Warga Pertanyakan Pembangunan SPAM-BM di Desa Kramat Sudah Lewat Batas Waktu

Menyikapi hal ini, AH, pengamat sosial pedesaan menyampaikan bahwa pada suatu proyek konstruksi pastinya sebelum dilakukan pembangunan harus dilakukan suatu perencanaan pembangunan.

Perencanaan pembangunan ini merupakan hal penting dalam membangun suatu bangunan dalam lingkup kecil maupun besar, agar terwujudnya pembangunan yang berkualitas dan tepat waktu," Ujarnya.

Jadi, apa yang disampaikan pihak Dinas memang benar bahwa dalam suatu program tidak boleh ada keterlambatan terkecuali ada halangan yang sifatnya alam," Sambungnya.

Ia pun berharap hal ini menjadi perhatian pihak terkait supaya tidak terjadi lagi desa desa lainnya di Kabupaten gresik. (Dan)

Komentar Via Facebook :