Antisipasi Aksi Balapan Liar yang Semakin Merajalela di Kabupaten Sampang, Polisi Sisir Sejumlah Tempat Nongrong

Antisipasi Aksi Balapan Liar yang Semakin Merajalela di Kabupaten Sampang, Polisi Sisir Sejumlah Tempat Nongrong

CYBER88 | Sampang -- Untuk mengantisipasi aksi balapan liar yang kian marak dan meresahkan warga, Kepolisian Resort Sampang melakukan upaya preventif. Petugas mendatangi sejumlah tempat yang kerap dijadikan tempat nongkrong para remaja seperti cafee, alun alun dan beberapa destinasi wisata lainnya. 

Baru baru ini, saat sore hari sering dijumpai kumpulan muda mudi yang tengah nongkrong di sepanjang Jl. Halim Perdanakusuma. Jalan tersebut baru beberapa pekan diresmikan oleh Bupati Sampang.

Di tempat inilah sejumlah remaja kerap melakukan aksi balap liar. Meraka kadang kadang lupa, lalai dan mengabaikan keselamatan dirinya dan juga pengguna jalan lainnya. Sementara, jalan itu diperuntukkan lebih khusus kepada angkutan barang.

Parahnya lagi mereka melepas kelengkapan kendaraannya dan menggunakan knalpot Brong. Bahkan dalam aksinya motor yang dikendarainya roda depannya diangkat-angkat, hal yang semacam ini sering menimbulkan terjadinya kecelakaan.

Ditemui awak media, Kasat Lantas Polres Sampang, AKP Tutud Yudho  menyampaikan, bahwa dalam upaya terwujudnya keselamatan lalulintas, pihaknya melaksanakan giat patroli dengan hunting system, melakukan penindakan kepada mereka yang melakukan aksi balapan liar dan penggunaan knalpot yang tidak spectek atau Brong.
 
“Kami juga melakukan penilangan untuk selanjutnya agar mereka ada efek jera dan merubah kelengkapan kendaraan sesuai dengan aturan yang berlaku yalni UU no 22 tahun 2009 tentang LLAJ pada Pasal 285 (1) Jo pasal 106 ayat (3) dan Pasal 48 (2) dan ayat (3), Tentang persyaratan teknis. Kemudian penerapan pasal pada aksi balapan liar seperti pada Pasal 283 Jo Pasal 106 ayat (1) Mengemudi/mengendarai tidak wajar,” Jelas Kasat Lantas yang menyebut mewakili Kapolres Sampang AKBP Siswantoro Kamis (23/02/23).

Menurutnya, hal ini dilakukan untuk menjaga ketentraman dan kenyamanan dalam berkendara. Maka demikian, kata dia, Polantas melaksanakan penjagaan secara rutin berkesinambungan, 

Kasat Lantas menandaskan, pihaknya akan terus menjaga dan melakukan penertiban selama jam jam rawan di sepanjang jalan Halim perdana Kusuma.

“Seperti yang sudah dilakukan regu tindak PS. Kanit Turjawali, Aipda Mashudi bersama anggota operasional dan Staff piket Kompi siaga pada setiap harinya,” Tukas Kasat Lantas AKP Tutud Yudho. (bahrul)

Komentar Via Facebook :