Tak Hadiri Panggilan, KPK Panggil Ulang Yasin Limpo Tanggal 19 Juni 2023

Tak Hadiri Panggilan, KPK Panggil Ulang Yasin Limpo Tanggal 19 Juni 2023

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo memberikan keterangan pers usai mengikuti rapat terbatas (ratas) terkait pupuk organik yang dipimpin Presiden Joko Widodo di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (27/4/2023). Artikel ini telah tayang di Katadata.co.id dengan judul "Terseret Dugaan Kasus Korupsi, Ini Kata Mentan Syahrul Yasin Limpo" , https://katadata.co.id/tiakomalasari/berita/6489a00b3ce05/terseret-dugaan-kasus-korupsi-ini-kata-mentan-syahrul-yasin-limpo Penulis: Tia Dwitiani Komalasari Editor: Tia Dwitiani Komalasari (Dok Antara)

CYBER88.CO.ID, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan bakal kembali mengirimkan surat pemanggilan pemeriksaan terhadap Mentan Syahrul Yasin Limpo.

Limpo sedianya telah diminta untuk hadir dalam agenda pemeriksaan terkait kasus dugaan korupsi di Kementan hari ini, Jumat (16/6). Namun dia berhalangan hadir lantaran tengah menghadiri kegiatan di India.

Juru Bicara KPK Ali Fikri menjelaskan, dalam surat panggilan yang akan dilayangkannya, Limpo diminta untuk hadir pemeriksaan pada Senin (19/6) mendatang.

"Tim penyelidik segera kirimkan kembali undangan permintaan keterangan dimaksud untuk dapat hadir pada Senin (19/6)," kata Ali lewat keterangannya, Jumat (16/6).

"Kami berharap dan meyakini yang bersangkutan akan hadir pada undangan berikutnya," sambung dia.

Ali mengatakan, keterangan dari Limpo dibutuhkan pihaknya untuk menentukan proses berikutnya dalam pengusutan kasus dugaan korupsi ini.

"Permintaan keterangan tersebut dibutuhkan, sehingga segera dapat kami lakukan analisis untuk menentukan sikap berikutnya pada tahap proses penyelidikan ini," Ujar Ali. (*)

Sementara itu, Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron menjelaskan, Limpo telah melayangkan pemberitahuan tengah berada di luar negeri.
Limpo meminta KPK agar menjadwalkan ulang pemeriksaan terhadapnya pada Selasa (27/6) mendatang.
"Meminta agar pemeriksaan ditunda ke tanggal 27 Juni 2023," terang dia.
KPK sejauh ini belum menjelaskan perkara ini lebih jauh karena masih proses penyelidikan. Informasi yang diterima kumparan, kasus di Kementan ini diduga terkait penerimaan gratifikasi, SPJ fiktif, hingga pemerasan di lingkungan Kementan.
Belum diketahui periode terjadinya korupsi tersebut. Saat ini, Mentan dijabat politikus NasDem Syahrul Yasin Limpo (SYL).
Terkait penyelidikan yang sedang dilakukan KPK, Syahrul Yasin Limpo, enggan berkomentar soal itu.
"Oh saya enggak ngerti itu," kata politikus Partai NasDem menjawab pertanyaan wartawan usai meninjau kawasan sentra pengembangan bawang merah nasional di Kabupaten Solok, Sumatera Barat (Sumbar), Rabu (14/6).

Komentar Via Facebook :