Kelurahan Gerem dan Kelurahan Lebak Gede Gelar Diklatsar Satpam

Kelurahan Gerem dan Kelurahan Lebak Gede Gelar Diklatsar Satpam

CYBER88 |Cilegon — Kelurahan Gerem Kecamatan Grogol dan Kelurahan Lebak Gede Kecamatan Pulomerak berkolaborasi mengadakan Pendidikan dan Pelatihan Dasar Satpam Gada Pratama. Senin (4/12).

Untuk meningkatkan kualitas Satpam sebagai Mitra Polri dalam mengemban fungsi Kepolisian terbatas untuk mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat, dibutuhkan Satpam yang profesional dan berintegritas. Mendasarkan hal tersebut, Kelurahan Gerem dan Kelurahan Lebak Gede berkolaborasi menggelar pendidikan dan pelatihan dasar Satuan Pengamanan (Satpam) Gada Pratama dengan bekerjasama dengan Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Tenaga Kerja Kota Cilegon dan BUJP Buana Lintas Utama.

Upacara pembukaan pendidikan dan pelatihan dasar Satpam tersebut dihadiri langsung oleh Kasubdit Binmas Polda Banten, Pimpinan BUJP Buana Lintas Utama, Perwakilan BLK Disnaker Kota Cilegon, Lurah Gerem, Kasi Perekonomian dan Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Gerem dan Kasi Perekonomian dan Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Lebak Gede serta puluhan peserta Diklatsar Satpam dari Kelurahan Gerem dan Kelurahan Lebak Gede.Umul Mahtum, Kasubag TU Balai Latihan Kerja mewakili Dinas Tenaga Kerja Kota Cilegon, dalam sambutannya mengatakan, "Pelatihan Satpam ini merupakan langkah-langkah upaya untuk mengurangi angka pengangguran. Harapannya dengan pelatihan ini masyarakat memiliki kompetensi dalam bidang keamanan. Dimana pelatihan ini sangat dibutuhkan untuk nantinya dipergunakan untuk bisa mendapatkan pekerjaan di perusahaan atau industri yang ada di wilayah Kelurahan Lebak Gede  dan Kelurahan Gerem."

Harapan serupa juga disampaikan oleh Heti Suhaeti, S.Sos, M.Si., selaku Kasi Perekonomian dan Pembangunan Masyarakat Kelurahan Lebak Gede yang disampaikannya pada awak media, "Dengan mengikuti pelatihan Satpam ini setidaknya pemuda di Kelurahan Lebak Gede bisa mendapatkan pekerjaan sesuai dengan keahliannya. Sehingga Kelurahan Lebak Gede dapat mengikis angka pengangguran di Kota Cilegon khususnya Pulomerak."

Di tempat yang sama, Lurah Gerem, Rahmadi  Ramidin, ST., dengan didampingi oleh Kasi Perekonomian dan Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Gerem, Neneng Rohmuniyah, S.Sos., menambahkan, "Ini salah satu upaya kita mengoptimalkan potensi dan sumber kesejahteraan sosial yang ada di wilayah, yakni peluang sebagai tenaga pengamanan di perusahaan atau industri."

Menurut Rahmadi Ramidin, sebagai perpanjangan tangan dari Kepolisian, Satpam memiliki tugas yang cukup banyak.

"Tupoksi Satpam itu tidak hanya memastikan ruang lingkup kerjanya tetap aman, ada berbagai pengetahuan dasar yang wajib dimiliki oleh seorang Satpam. Tujuannya adalah agar segala tugas yang dilakukan di lapangan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku."

"Pendidikan dan Pelatihan Dasar Satpam ini selain sebagai pemenuhan persyaratan untuk terjun ke dunia kerja, juga untuk memberikan pemahaman kepada calon Satpam terkait tugas-tugas utama Satpam, mempertajam skill, melatih dan meningkatkan kemampuan teamwork serta meningkatkan kemampuan sosialisasi dan pelayanan tenaga satuan pengamanan di dunia kerja." Tutupnya.

Komentar Via Facebook :