Deklarasi ODF, Bupati Harapkan Penerapan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat

Deklarasi ODF, Bupati Harapkan Penerapan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat

CYBER88 | Garut -- Pemerintah Kabupaten Garut menggelar Deklarasi Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan bertempat di Aula Desa Tegalpanjang, Kecamatan Sucinaraja, Kabupaten Garut, Jawa-Barat, Selasa(23/3/2021).

Deklarasi ini termasuk Program Pemerintah Kabupaten Garut yakni gerakan mewujudkan rakyat sehat, rapih dan bersih melalui stop buang air besar sembarangan.

Dalam sambutannya Bupati Garut, H.Rudy Gunawan menyampaikan keprihatinannya terkait ODF, karena saat ini di Kabupaten Garut baru sekitar 47 persen desa yang sudah mendeklarasikan ODF.

"Saya selaku Bupati Garut merasa prihatin karena di Garut ini sekarang baru sekitar 47 persen desanya yang sudah bebas buang air besar sembarangan, "katanya.

Lanjut Rudy, Ia menuturkan bahwa ODF ini bisa menjadi salah satu penyebab terjadi stunting di Kabupaten Garut.

"Ini hubungannya nanti banyak masalah sanitasi , ini ada hubungannya juga dengan stunting, "ujarnya.

Namun demikian, Bupati menjelaskan jika sanitasi yang berhubungan dengan ODF di daerahnya ini bagus maka angka stunting di Kabupaten Garut bisa turun bahkan bisa mencapai zero stunting di Tahun 2025.

"Kalau seandainya sanitasinya bagus komunikasinya antar warga dengan Pemerintah Desa, dengan Pemerintah Kecamatan dan Puskesmas dengan Program PISPK (Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga) nya bagus maka angka stunting akan bisa kita turunkan, 2025 di Garut Insyaallah Zero Stunting, "jelasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Tegal Panjang,Dodo ketika ditemui usai acara mengatakan, dalam Deklarasi ODF tersebut dapat terlaksana berkat dukungan dan kerjasama dari berbagai pihak terutama di Desa Tegal Panjang,

"Saya ucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati Garut dan Camat Sucinaraja serta pihak Dinas Kesehatan yang telah mendukung kami dalam mewujudkan deklarasi ODF di desa kami ini, tanpa adanya dukungan tersebut saya rasa sulit untuk diwujudkan, kami berkomitmen stop buang air besar sembarangan serta melakukan pola hidup yang bersih dan sehat, "pungkasnya. [suwito]

Komentar Via Facebook :