Tiga Pilar, Basarnas dan Ormas Kecamatan Wado Bersihkan Sampah di Pinggiran Area Jatigede Sumedang

Tiga Pilar, Basarnas dan Ormas Kecamatan Wado Bersihkan Sampah di Pinggiran Area Jatigede Sumedang

CYBER88 | Sumedang -- Masih kurangnya kesadaran Masyarakat di Kabupaten Sumedang dalam hal membuang sampah, membuat pinggiran area waduk Jatigede, menjadi salah satu tempat tumpukan sampah, terutama sampah sampah plastik.

Sampah Plastik yang terbawa aliran air sungai Cimanuk ini,tepatnya berada di area yang masuk ke RT/02/04 Tugu Wado Dusun Maleber, Desa Wado Kecamatan Wado, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Hal ini secara tidak langsung telah mengundang  kepedulian Tiga Pilar  pemerintahan yang ada di Kecamatan Wado berikut BPBD Kabupaten  Sumedang, Pol Air Polres Sumedang, Basarnas, Ormas, Pramuka dan Masyarakat setempat, bahu membahu menggelar kegiatan membersihkan Sampah tersebut.

Pelaksanaan Kegiatan opsih ini dipimpin oleh Kapolsek Wado Iptu Suhada, dan Pasi Ops Kodim 0610 Sumedang Kapten Inf. Dadang, bersama Camat Wado Drs. Taufik Hidayat Slamet, dimulai dari hari Selasa (23/3) hingga hari ini, Rabu (24/3) masih berlangsung.

"Saya menghimbau kepada masyarakat dalam membuang sampah, baik itu sampah plastik maupun sampah organik, agar tidak membuangnya ke sungai, supaya tercipta aliran air sungai tetap bersih, tidak tercemari oleh sampah dan dalam membuang sampah itu harus pada tempatnya," kata Suhada.

Kasubbag Humas Polres Sumedang, AKP. Dedi Juhana mewakili Kapolres Sumedang AKBP. Eko Prasetyo Robbyanto mengatakan, "Dalam kegiatan Opsih yang melibatkan banyak pihak tersebut, yang sekarang masih berlangsung, semuanya menginginkan lokasi tersebut benar benar bersih dari tumpukan sampah plastik dan Organik," ungkapnya.

Pihak yang terlibat dalam kegiatan tersebut yakni, dari TNI Kodim 0610  sebanyak 17 personil, Yonif 301 sebanyak 35 personil, Polri gabungan Polsek  21 personil, Polair 5 Personil, BPBD sebanyak 6 Personel, Satpol PP Kec. Wado 6 Personil,

Kemudian, dari Ormas Kbppp, Fkppi, dan Pemuda Pancasila sebanyak 45 orang, Siswa Pramuka 16 orang, Perangkat Desa 6 orang, dan Masyarakat sekitar lokasi tersebut.

“Dengan di laksanakannya  kegiatan Opsih tersebut, bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang bersih di Area Genangan Waduk Jatigede," jelasnya.

Dalam kegiatan tersebut tetap memperhatikan prokes dengan menggunakan masker dan menjaga jarak guna mengantisipasi penyebaran covid-19.

"Sampah yang sudah di kumpulkan, rencananya akan diangkut pada hari Minggu (28/3) dengan menggunakan kendaraan truck Sampah millik Dinas LHK kab. Sumedang ke tempat pembuangan sampah," Pungkas Dedi.

Komentar Via Facebook :