Pelantikan Kepengurusan Karang Taruna Kecamatan Cigombong Masa Bhakti 2021-2026

Pelantikan Kepengurusan Karang Taruna Kecamatan Cigombong Masa Bhakti 2021-2026

CYBER88 | Bogor --  Ketua dan pengurus Karang taruna Kec. Cigombong masa bhakti 2021-2026 telah di lantik, Rabu (7/4) yang bertempat di Aula UPT Pendidikan Kec. Cigombong, Kab. Bogor.

Acara tersebut dihadiri ketua Karang Taruna kabupaten Bogor Irfan Drajat, Sekcam Kecamatan Cigombong Asep Achadiat Sudrajat mewakili camat Cigombong Selaku Pembina Umum.

Kemudian, wakil Danramil 2123 Cigombong - Cijeruk, Kepala desa yang diwakili oleh kepala desa Srogol, Para pengurus Karang Taruna kecamatan dan Kasi PKM Kecamatan Cigombong.

Kegiatan berjalan lancar sesuai dengan acara yang sudah di persiapkan dan menerapkan protokoler Kesehatan Covid-19 Sesuai anjuran pemerintah. Peserta dan tamu undangan sebelum masuk melakukan, cuci tangan, dan diberikan masker.

Diawali dengan menyanyikan lagu indonesia raya dan mars karang taruna, yang di Lanjutkan dengan pembacaan SK kepengurusan dan pengukuhan Camat Cigombong,

Berikutnya, Kata Pelantikan dan Janji Pengurus oleh kasi PKM kecamatan Cigombong, sekaligus Penyerahan Bendera Petaka oleh Sekcam Cigombong yang mewakili Camat Cigombong sebagai Pembina 1 ke Ketua Karang Taruna Kecamatan Cigombong.

Dalam laporan kegiatan yang disampaikan Deni Ketua Karang Taruna Kecamatan Cigombong Raya mengatakan, pelantikan karang taruna ini sebenarnya sudah direncanakan jauh-jauh hari setelah diadakan Musyawarah Warga Karang Taruna atau Temu Karya yang diadakan beberapa waktu lalu.

"Alhamdulilah walaupun masih dalam suasana pandemi covid-19 yang diperpanjang PPKM oleh pemerintah kabupaten bogor ini, pelantikan kepengurusan Karang Taruna Kecamatan Cigombong dapat dilaksanakan dan berjalan dengan baik serta mentaati aturan sesuai dengan protokol kesehatan," ujarnya.

Karang taruna Cigombong sekarang ini sudah lengkap secara administrasi dalam organisasi dan karang taruna kecamatan Cigombong siap untuk dikukuhkan  Kepengurusan hari ini.

Deni berpesan, agar segenap karang Taruna berperan aktif sesuai Tingkatan Kepengurusan, khusus Pengurus Karang Desa, dimandatkan selalu hadir dalam kegiatan sosial Kemasyarakatan bersama Pemdes, dalam musdes dan Musyawarah desa lainnya, pembahasan anggaran kepemudaan, hal ini belum cukup, karena di undang-undang desa itu jelas bahwa ada dana pemuda.

Menurutnya, karang taruna merupakan salah satu organisasi yang mempunyai tingkatan sampai ke desa dan SK nya pun bertingkat. Karang taruna merupakan bagian di dalam pemerintahan sesuai dengan tingkatan masing-masing.

Sebab karang taruna harus ikut berperan aktif dalam program yang dilakukan oleh kementerian sosial, Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat, Dinas Sosial Kabupaten Bogor, Dan arahan Karang Taruna Kabupaten, sekarang ini kita diharapkan segera mengirim data Kepengurus Karang Taruna Desa.

Kementerian sosial berencana sesuai dengan surat dari Kemensos RI akan Mengandeng Karang Taruna untuk perbaikan data nantinya dari kepala desa yang bekerjasama dengan karan taruna dan dinas sosial untuk mendata warga yang pantas mendapatkan bantuan.

“Sehingga ke depan tidak ada lagi orang yang tidak pantas dapat bantuan tetapi mendapat bantuan, semoga karang taruna dapat membantu di bidang Sosial kemasyarakatan dan Siap, dikala Karang Taruna diperlukan.”

Ketua Karang taruna Kecamatan Cigombong, berharap kepada semua Kepala Desa Melalui Camat Cigombong yang diwakili sekcam dan Kepala Desa yang hadir agar dapat selalu bekerjasama dengan karang taruna yang ada di desanya.

“Karang taruna siap Mendukung Visi Misi Bupati dan Wakil Bupati Bogor Panca Karsa. Karang Taruna sebagai kawa candradimuka bagi pemuda dalam berorganisasi untuk belajar cara membimbing organisasi karena karang taruna adalah sebagai calon pemimpin.” ungkap Deni.

Sementara itu, dalam sambutannya Sekcam Cigombong Asep Achadiat Sudrajat mewakili Camat Cigombong mengatakan,

"Karang taruna sebagai wadah pengembangan generasi muda yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan tanggung jawab sosial," pungkasnya. (apip)

Komentar Via Facebook :

Berita Terkait