Tiga Atlit Sambo Harumkan Nama Riau Melalui Ajang Eksibisi PON XX Papua 2021

Pengurus Persambi Kota Sambut dan Kalungkan Karangan Bunga Kepada Pahlawan Olahraga Prov Riau

Pengurus Persambi Kota Sambut dan Kalungkan Karangan Bunga Kepada Pahlawan Olahraga Prov Riau

Atlit Sambo Disambut Hangat Pengurus Persambi Kota Pekanbaru Saat Kembali Dari Ajang Eksibisi PON XX Papua 2021 (ist)

CYBER88 | Pekanbaru - Setelah memenangkan 4 medali emas dan 1 medali perak di Eksibisi PON XX Papua, pelatih dan atlit Sambo Pekanbaru kembali ke bumi lancang kuning yang disambut dengan wajah bangga dari Pembina dan Pengurus Persambi Kota Pekanbaru. Selasa, (12/10/21).

Tampak hadir Pembina Persambi Kota Turba Marpaung, Ketua Umum Persambi Kota Robert Hendrico, Wakil Ketua I Persambi Kota Tommy Freddy Manungkalit, Wakil Ketua II Bosran Effendi Kotto, serta beberapa perwakilan pengurus Persambi Provinsi.

Ketua Pengprov PERSAMBI Riau Bapak Drs. Ian Machyar,. MM yang turut menemani 3 atlit dan Pelatih pada Eksibisi PON XX tampak bahagia karena telah mengantarkan atlit Sambo meraih medali dimana awalnya Ia dan Pelatih hanya menautkan 2 emas di PON XX Papua.

"Bangga, saya sangat bangga dan terharu akan kerja keras atlit dan saya berterimakasih kepada seluruh pengurus Persambi Kota atas support morilnya. Ya kita tahu sama tahu awalnya atlit Persambi ini dipandang sebelah mata di ajang olahraga tersebut.

Dana untuk keberangkatan kita ini di berikan dan di dukung  oleh Pengurus Persambi Kota. Dan saya tidak kecil hati, dan kami juga ada dapat bantuan dari Pemprov meskipun tidak maksimal yang di sampaikan oleh KONI Riau, Kami yakin akan berhasil karena dibelakang kita banyak yang support bahkan mendoakan kami untuk mengharumkan olahraga Sambo di Riau," ucapnya saat ditemui di bandara udara SSQ II.

Turba Marpaung selaku pembina Persambi Kota turut bangga karena prestasi ini tidak pernah ia bayangkan. Kepada media ini ia mengungkapkan keinginannya untuk Persambi Provinsi, atlit dan pelatih.

"Bangga, saya bangga dan terima kasih sudah menyumbangkan 4 medali emas dan 1 medali perak. Harapan saya semoga atlit, pelatih dan pak Ian untuk menjaga kesehatan tubuh, yang saya tahu kalian sudah berjuang keras untuk mendapatkan hasil yang maksimal sekalipun berjuang melali Eksibisi.

Untuk kedepannya, semoga pengurus Persambi Provinsi peduli dan bahu membahu membesarkan olahraga Sambo hingga ke kancah internasional lagi.

Semoga lewat ajang ini, Persambi Kota tidak dipandang sebelah mata lagi, terutama untuk atlit yang berlaga lewat Eksibisi ini, kalian adalah pahlawan olahraga yang sebenarnya," tukas Marpaung dengan senyum.

Saat kru media bertanya kepada Ian Machyar harapan kedepannya untuk olahraga Sambo ini, ia menyampaikan pesan yang sangat menohok.

"Saya optimis dengan olahraga generasi muda bisa terhindar dari narkoba
Mustahil kita bisa maju jika tidak didukung sarana dan prasarana, sediakan fasilitas untuk gulat yang ada matras dan samsak.
Dari Dispora kita disediakan tempat, tapi kan cuma lantai, gimana atlit gulat latihan di lantai yang ada cidera.

Kepada gubernur Riau, kepada KONI Riau, kami sudah berjuang untuk mengharumkan olahraga Sambo ini sekalipun lewat eksibisi. Kami hanya meminta untuk diberi tempat latihan yang benar-benar sesuai standar Sambo. Dengan sarana seperti itu kita yakin Sambo Riau bisa seperti Sambo daerah lainnya," tukas Ian yakin.

Robert Hendriko selaku Ketua Umum Pengurus Persambi Kota juga turut bangga bahkan menaruh harapan besar kepada atlit bahkan kepada Pemprov Riau.

"Langkah yang saya akan lakukan untuk sounding kepada pemerintah Riau untuk secepatnya melengkapi sarana dan fasilitas Sambo. Target utama kita kedepannya ialah kejuaraan nasional di Jawa Barat, di Desember 2021 ini olahraga Sambo internasional di Bali. Sekalipun diwaktu yang sedikit ini, saya yakin kita mampu dan bisa," ucap Robert.

Dari atlit Sambo juga berharap Pemprov Riau dan KONI Riau segera melengkapi fasilitas tempat mereka berlatih karena akan ada ajang yang lebih menantang dalam beberapa bulan depan.

"Target kami harus lebih dari ini, kami harus bisa meraih lebih banyak emas lagi, karena kancah internasional sudah menunggu kami untuk menjadi atlet Sambo internasional dari Riau," ucap Bima (Kelas Kombet 64 Kg) yang peroleh 2 medali emas.

Di akhir pertemuan, Tommy FM sampaikan bahwa mereka yang memberangkatkan atlit, pelatih dan Ketua Pengprov PERSAMBI Riau Drs. Ian Machyar melalui ajang eksibisi bangga dan tertantang untuk semakin meningkatkan kualitas para atlit.

"Terimakasih kepada pak Ian, Coach Winneka Abdi Nusa sebagai Kepala Pelatih Sambo Riau dan atlit yang tidak kecil hati berangkat melalui ajang eksibisi. Saya dan Tim terharu sekaligus bangga bahwa perjuangan kita tidak sia sia. Kami pengurus Persambi Kota mengucapkan terimakasih banyak sudah mengharumkan olahraga Sambo dari Riau. Terimakasih," tutup Tommy bangga.

Komentar Via Facebook :