Eduwisata Merapi Tani Berikan Pembelajaran Berkmakna Bagi Pelajar SD IT BIAS Klaten

Eduwisata Merapi Tani Berikan Pembelajaran Berkmakna Bagi Pelajar SD IT BIAS Klaten

CYBER88 | Klaten -- Pengetahuan pelajar tidak hanya didapat dari sekolah melainkan bisa didapat melalui wisata edukatif dalam kesempatan ini SD IT BIAS mengunjungi tempat eduwisata agro "Merapi Tani" yang dikelola oleh Muhammad Wiji Supriyanto (Mas Supri) di desa Bengking Kec. Jatinom Kab. Klaten .

Pemuda sukses ini telah mengembangkan bisnis di bidang pertanian, peternakan dan budidaya lebah madu.Dalam kegiatan ini mas Supri dengan sabar menjelaskan kepada anak-anak SDIT BIAS tentang cara bertani, beternak dan mengolah hasil pertanian. Kunjungan edu wisata agro ini diikuti 35 pelajar sekolah dasar dan 4 guru pendamping. 

Kegiatan diawali dengan pengenalan tentang lebah madu dan cara membedakan lebah pekerja dan lebah Ratu, setelah itu diajari cara memanen madu dari jenis trigona.Kemudian diajak berinteraksi langsung menyentuh dari lebah tersebut, anak-anak sangat antusias sekali dan bergembira dapat menyentuh lebah tanpa merasa takut tersengat karena langsung didampingi oleh pawang lebah. 

Sesi berikutnya mereka menuju ke lahan pertanian dengan menunggang sapi yang berjenis Brahma, setelah tiba di lahan pertanian mereka belajar cara mengolah lahan serta mengenal pupuk kompos yang berasal dari kotoran hewan,kemudian mereka diajari cara memasang mulsa sampai menanam cabe. Selanjutnya anak-anak belajar cara mengolah hasil pertanian yang berasal dari jagung yang diolah menjadi Tortilla Chip dan belajar dari proses memetik serta memilih jagung yang bagus sampai ke produksi. Anak-anak sangat senang sekali karena mendapat pelajaran dari kegiatan ini diharapkan eduwisata ini bisa menjadi inspirasi bagi mereka nanti. (APRI).
 

Komentar Via Facebook :