Narkoba Marak di Siak, Polisi Diminta Atensi

Narkoba Marak di Siak, Polisi Diminta Atensi

CYBER88 | Siak - Kalangan aktivis anti narkoba meminta pemerintah mengevaluasi mendasar maraknya pengendalian narkotika dari lembaga pemasyarakatan yang terjadi belakangan ini.

“Dalam beberapa waktu terakhir (peredaran Narkoba di Lapas) menjadi atensi masyarakat. Karena adanya dugaan pengendalian peredaran narkoba dari dalam lapas,” kata Sokhiaro Halawa, Wakil Ketua Lembaga Anti Narkoba (LAN) Kabupaten Siak, Sabtu (7/5/2022).

Ia menyampaikan bahwa Kepolisian Daerah Riau belum lama ini memusnahkan 82,9 kilogram sabu. Jumlahnya fantastis, nilainya bisa mencapai seratusan miliar rupiah.

"Peredaran narkoba itu ternyata dikendalikan seseorang dari balik penjara. Sebelumnya, pengungkapan kasus peredaran narkoba juga terjadi di Kecamatan Tenayan Raya, Kota Pekanbaru, pada awal tahun ini yang juga dikendalikan oleh napi di Lapas Pekanbaru. Membuktikan bahwa semuanya terkoordinasi dengan tersistem peredaran narkoba tersebut. Maka, kita meminta Kepolisian Resort Siak melalui Satresnarkoba untuk atensi hal ini," ungkapnya.

Lebih lanjut kata Sokhiaro, Polres Siak pernah mengungkap satu kasus peredaran narkoba yang dikendalikan oleh napi lembaga permasyarakatan atau Lapas Bengkalis.

"Satu tersangka berinisial RY ditangkap polisi di Kelurahan Perawang, Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak pada 18 Desember 2021 lalu. Barang bukti satu kilogram sabu. Semuanya mengarah dari Lapas. Sepantasnya juga pihak Lapas memperketat terhadap peredaran narkoba. Seperti penggunaan telepon genggam yang kita dengar marak di Lapas. Ada upaya pembiarankah atau bagaimana," bebernya.

Sokhiaro menambahkan, pihak yang bertanggungjawab untuk komitmen memberantas narkoba adalah semua elemen masyarakat.

"Saya mengajak semua lapisan masyarakat untuk komitmen memberantas narkoba dari penjuru bumi Siak. Agar tercipta generasi yang sehat tanpa narkoba. Mari kita bergandeng tangan untuk bahu membahu melakukan pemberantasan maupun pencegahan terhadap narkoba," pungkasnya.

Ditempat terpisah Kasat Narkoba Polres Siak AKP Sihol Sitinjak saat dikonfirmasi menyampaikan, apresiasinya kepada lembaga yang secara serius memperhatikan kinerja Kepolisian khususnya pemberantasan narkoba. Sihol mengajak masyarakat untuk berkontribusi informasi kepada pihak kepolisian dalam upaya pemberantasan narkoba.

"Saya ucapkan terima kasih atas perhatiannya serta masukannya kepada kami Satresnarkoba. Kedepannya, kami berharap informasi yang valid guna pemberantasan narkoba lebih cekat dan sigap, agar masyarakat kita terbebas dari bahaya peredaran narkoba," kata AKP Sihol. (Red/Simon).

Komentar Via Facebook :