Pembinaan Pariwisata Hotel 2022 Guna Meningkatkan Kwalitas Bisnis Perhotelan di Kota Cilegon

Pembinaan Pariwisata Hotel 2022 Guna Meningkatkan Kwalitas Bisnis Perhotelan di Kota Cilegon

CYBER88 | Cilegon – Untuk meningkatkan mutu atau kualitas bisnis perhotelan di Kota Cilegon, Dinas Kepemudaan, Olahraga dan  Pariwisata Kota Cilegon mengadakan Pembinaan Pariwisata Hotel 2022, bertempat di Balroom Hotel Gondang. Jl. SA. Tirtayasa No.118, Jombang Wetan, Kec. Jombang, Kota Cilegon, Banten.

Ada 27 hotel di Kota Cilegon mengirimkan top manajemennya untuk mengikuti kegiatan pelatihan ini. hal tersebut di ungkapkan oleh Kabid Pariwisata Kota Cilegon, Neli Evalinda, Usai acara.

" Hari ini kita mengadakan kegiatan usaha pariwisata telah covid kita bangkit lagi dan kali pertama kita mengadakan dan kenalkan usaha penginapan, salah satunya Hotel. 27 perwakilan dari Hotel yang ada di kota Cilegon mengikuti kegiatan hari ini, di bimbing oleh 3 narasumber yang kompeten di bidangnya," tutur Neli.

Dokter Budi Setiawan, Master trainer di kementerian pariwisata kemenparekraf ekonomi kreatif, yang hari ini menjadi narasumber mejelaskan bahwa pelatihan ini sangat penting mengingat adanya perubahan-perubahan tentang undang-undang usaha dan mekanismenya.

"Saya selaku salah satu kekuatan pentahelix akademisi ABC GM  menyambut baik dengan adanya pembinaan ini karena teman-teman di daerah belum paham betul terutama tentang permen parekraf nomor 18 /2021 dan nomor 41 tentang  sertifikasi usaha," sapanya.

Saat ini sertifikasi usaha itu berbasis resiko karena harus di sosialisasikan kerena belum semua teman-teman mendapatkan sosialisasi itu sehingga nanti untuk mendapatkan hotel bintang tersebut harus tetap dilakukan oleh perusahaan sesuai dengan amanat undang-undang Nomor 10 Tahun 2009 .

"itu harus dilakukan tapi sekarang diperkuat dengan permen parekraf yang tahun dulu tahun 2014 diperbarui tahun 2021 berbasis pada resiko yang dikeluarkan oleh menparekraf sandiaga Uno," jelasnya.

"kita akan membina teman-teman untuk sertifikasi cleanliness health safety environment kalau dulu itu namanya 4 K yaitu, Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan dan Kelestarian lingkungan,"

"nah, kalau dulu gratis difasilitasi dan semua peserta, semua usaha ke kemenparekraf.go.id sekarang pun sedang difasilitasi tapi untuk usaha kecil dan mikro sampai dengan 30 November 2022 itu daftar ke kemenparekraf," ujarnya.

Sementara, Ketua harian PHRI Provinsi Banten, GS. Ashok Kumar menambahkan, "Kami menganggap pembinaan ini positif sekali karena banyak pemahaman yang ada di kota Cilegon ini strong poinnya nggak diambil Jadi mudah-mudahan dengan dilakukan dengan G20 in pairing busines  colaboration, kolaborasi seperti ini jadi sinergitas terlahir." Paparnya.

Lebih lanjut, "jadi kita Jangan berpikir orang lain kok??? ternyata di kita sendiri ada seperti robot yang ada di Natrabu, kemudian juga Aston ada Google Nest, kemudian francise internasional ada dua, yang di swiss-bell Hotel dan Aston. Ibu kota provinsi saja belum ada," candanya.

"Berarti kita harus bersyukur melihat dan berterima kasih kepada dinas dari kepemimpinan dari Walikota ini bisa menjadi terobosan memunculkan, mengangkat untuk investasi lagi, hari ini pelaksanaan cukup bagus," pungkasnya.

Komentar Via Facebook :