Disability Day 2023.

Disability Day 2023.

CYBER88 | Cilegon — Beragam kegiatan karya dan prestasi penyandang disabilitas Cilegon unjuk prestasi dalam gelaran bertajuk Disability Day '2023 yang akan diselenggarakan pada hari Minggu 3 Desember 2023 di Alun-alun Kota Cilegon. Selain peringati Hari Disabilitas Internasional juga dirangkaian dalam rangka HUT KODIM 0623/Cilegon ke-36 Tahun 2023.

Disability Day '2023 tersebut diharapkan semakin meriah dengan ditampilkannya berbagai kemampuan dan bakat prestasi para difabel Kota Cilegon. Beberapa tampilan tersebut diantaranya penampilan bakat dan kreasi pelajar SKHN/SKHS di Kota Cilegon, Festival Karya Anak Istimewa, Fashion Show Disability, Blind Refleksi Massage, Dialog Interaktif bersama Penggiat Disabilitas, Musicbility DisNet Band, Anugrah Peduli - Prestasi Disabilitas, dan ditutup dengan Parade Disabilitas Ceria.

Dewan Pembina Persatuan Tuna Netra Indonesia (PERTUNI) Cabang Cilegon yang juga selaku panitia, Bayu Panatagama mengungkapkan kegiatan Disability Day '2023 ini bertujuan untuk mengadvokasi teman-teman difabel untuk menunjukkan kreativitasnya. Kegiatan ini, menurut Bayu, bukan semata karena momentum hari difabel internasional, namun ingin menunjukkan kegiatan yang merupakan cipta karsa, kreativitas dan prestasi serta mengoptimalisasikan kepedulian semua pihak termasuk pemangku kepentingan.

"Kegiatan ini merupakan melibatkan dan diprakarsai Komandan Kodim 0623 Cilegon, Yayasan Mengetuk Pintu Langit serta dari semua organisasi difabel di Kota Cilegon, kalau peringatan hari difabel internasional sudah pernah, karenanya kami ingin ada kegiatan yang merupakan kolaborasi dari seluruh penyandang disabilitas," kata Bayu dalam kesempatan jumpa pers.

Bayu menjelaskan Disability Day '2023 digelar untuk menghidupkan kreatifitas penyandang difabel Cilegon, dan ke depan Cilegon bisa inklusif serta ramah disabilitas. Kegiatan ini adalah inisiatif dari seluruh perwakilan organisasi difabel dan didukung penuh Dandim 0623 Cilegon.

"Kami berharap ke depan ada Disability Day kedua, ketiga dan seterusnya yang bertepatan dengan momentum Hari Jadi Kodim, bukan hanya momentum hari Disabilitas Internasional (HDI) saja," harap Bayu.

Pada kesempatan ini Bayu berharap agar Perda Perlindungan dan Pemenuhan Hak Disabilitas di Cilegon segera bisa diterbitkan dan diberlakukan bersama-sama agar menjadi Peraturan Daerah. Bayu juga berpesan untuk bersama-sama mengadvokasi agar tercipta lingkungan yang inklusif di Kota Cilegon ini.

"Terima kasih atas support penuh KODIM 0623 Cilegon, semoga Disability Day '2923 nanti terselenggara dengan lancar dan bermakna bagi kita semua." Tutup Bayu.

Komentar Via Facebook :