Hindari Potensi Longsor Susulan, Pemkab Sumedang Lakukan Mitigasi

Hindari Potensi Longsor Susulan, Pemkab Sumedang Lakukan Mitigasi

CYBER88 | Sumedang -- Ratusan kepala keluarga (KK) di sekitar lokasi longsor di Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, diungsikan sebagai langkah mitigasi menghindari potensi longsor susulan. 

Pada kejadian longsor hari Sabtu (9/1), telah menewaskan sejumlah warga yang berada di sana. Bahkan pada longsor susulan mengakibatkan sejumlah Unsur Instansi Pemerintahan dan TNI serta BPBD meninggal dunia.

Wilayah yang dihuni 200 lebih KK itu terdiri dari 125 KK dari kompleks perumahan berada di atas lokasi longsor yakni Komplek SBG, kemudian ada 54 KK dari area sekitar longsor, dan juga ada 24 KK tambahan kini diungsikan.

Pantauan Cyber88.co.id Saat ini, bangunan sekolah yang berada sekitar 200 meter dari lokasi longsor dijadikan posko koordinasi Tim SAR gabungan dalam proses pencarian korban longsor Cimanggung.

Petugas SAR membantu membawa barang-barang pribadi warga yang melakukan evakuasi. 

Menurut keterangan warga, "Sejak Senin pagi, warga di sekitar lokasi longsor sudah melakukan pengosongan rumahnya masing-masing.

200 lebih KK yang diungsikan itu dimobilisasi ke posko pengungsian yang terletak di beberapa tempat," Kata dia.

Pemerintah, tengah menyiapkan bangunan SMAN Cimanggung untuk dijadikan posko pengungsian bagi masyarakat terdampak," Ujar dia.

Komentar Via Facebook :