Gagah Dengan Berbatik, Bupati Kuansing Pamer Baju Batik Hasil UMKM Lokal

Gagah Dengan Berbatik, Bupati Kuansing Pamer Baju Batik Hasil UMKM Lokal

Batik Kuansing Yang Selesai di Tenun (ist).

CYBER88 | Teluk Kuantan - Akhirnya Bupati Kuansing mengeluarkan Peraturan Bupati (Perbup) terkait Pakaian Dinas ASN dan Honorer dilingkungan Pemkab Kuansing. Minggu, (12/09/21).

"Pada Perbup No 36 Tahun 2021 tersebut, sekaligus di tegaskan tentang penggunaan Batik Khas Kuansing baik oleh ASN maupun Honorer dan akan di berlakukan mulai pekan ini," ujar PJ .Sekda Dr. Agusmandar, S.Sos, MSi usai rapat sosialisasi bersama Kepala OPD akhir pekan lalu di Teluk Kuantan.

Dijelaskan Agusmandar, untuk ASN pada hari Senin dan Selasa mengenakan PDH Khaki, sedangkan perempuan ditambah jilbab warna kuning mustard. Selanjutnya untuk hari Rabu, tetap mengenakan PDH Hitam Putih, untuk perempuan jilbabnya berwarna pink Salem.

Pada hari Kamis, mengenakan PDH Batik Kuansing , dan untuk perempuan jilbab menyesuaikan dengan baju tanpa motif. Untuk hari Jumat, mengenakan baju melayu lengkap 

Sementara untuk tenaga Honorer, di tetapkan Senin hingga Rabu mengenakan PDH Hitam Putih , dan untuk perempuan mengenakan jilbab Pink Salem, sedangkan untuk Kamis dan Jumat menyesuaikan dengan ASN, jelas Agusmandar.

"Untuk instansi lain yang mengenakan pakaikan khusus juga sudah di atur, termasuk guru dan nantinya surat edaran dikirim ke instansi masing masing," ungkapnya.

Sebelumnya Bupati Kuansing Andi Putra telah mewacanakan perihal penggunaan Batik Kuansing pada hari tertentu untuk seluruh ASN dan Honorer di lingkungan Pemkab Kuansing. Hal ini di maksudkan selain gerakan cinta produk lokal, juga untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat di tengah pendemi covid 19.

Kepada awak media, Andi Putra menegaskan, ini bentuk upaya masyarakat untuk meningkatkan produktivitas UMKM di Kuansing.

"Mudah mudahan dengan upaya ini, permintaan akan produk lokal hasil karya anak negeri bisa lebih meningkat, dan Batik Kuansing bisa dikenal lebih luas oleh masyarakat, baik di Riau hingga nasional," tutupnya. (Red/Rz)

Komentar Via Facebook :