Di Bulan Ramadhan, Selain BLT Minyak Goreng, PKH dan BPNT Cair

Di Bulan Ramadhan, Selain BLT Minyak Goreng, PKH dan BPNT Cair

CYBER88 | Jakarta -- Memasuki April 2022, pemerintah resmi meluncurkan bantuan langsung tunai (BLT) minyak goreng senilai Rp300 ribu. Berikut ini 2 bansos yang cair pada April 2022.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan harga minyak goreng naik cukup tinggi sebagai dampak dari melonjaknya harga minyak sawit di pasar internasional.

“Untuk meringankan beban masyarakat, pemerintah akan memberikan BLT minyak goreng,” ujar Presiden dalam keterangan pers, Jumat (1/4/2022).

Presiden menerangkan, BLT minyak goreng ini akan disalurkan kepada keluarga penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Program Keluarga Harapan (PKH), serta pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan makanan gorengan.

Bantuan BLT minyak goreng, katanya, akan diberikan kepada 20,5 juta keluarga yang termasuk dalam daftar Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Program Keluarga Harapan (PKH), serta 2,5 juta PKL yang berjualan makanan gorengan.

Kepala Negara menjelaskan bahwa bantuan akan diberikan sebesar Rp100 ribu setiap bulannya. Bantuan diberikan untuk tiga bulan sekaligus, yaitu April, Mei, dan Juni serta dibayarkan di muka pada bulan April 2022 sebesar Rp300 ribu.

Baca Juga : BPNT Tahap 2 Cair Bulan April 2022? Ini Cara Cek Penerima Kartu Sembako 

Selain BLT minyak goreng, dua bansos lainnya yang cair pada April 2022:

BPNT Sembako April 2022

Bantuan Pangan Non-Tunai atau BPNT sebelumnya dicairkan dalam bentuk sembako atau pangan. Namun, pada 2022 ini pemerintah mempercepat penyaluran BPNT dengan cara menyalurkan bantuan secara tunai.

BPNT cair senilai Rp200 ribu dan cair setiap bulan. Bansos BPNT akan kembali cair pada April 2022 bagi penerima manfaat. Bansos ini disalurkan oleh Kementerian Sosial (Kemensos).

Untuk mengecek status penerima, Anda bisa langsung mengecek laman resmi cek bansos atau cekbansos.kemensos.go.id/.

Bansos PKH tahap 2 2022

Bansos Program Keluarga Harapan (PKH) menjadi salah satu bansos yang kembali cair pada April 2022. Bansos PKH ini cair untuk tahap 2 tahun 2022.

Hal ini merujuk pada jadwal penyaluran PKH tahap 2 2022 yakni pada bulan April, Mei, dan Juni. Besaran bansos PKH berbeda-beda setiap golongan, mulai dari Rp900 ribu hingga Rp3 juta per tahun bagi ibu hamil dan anak usia dini.

Komentar Via Facebook :