Kepala Desa Saifan Sesalkan BUMG Desa Seunubok Pidie Mati Suri

Kepala Desa Saifan Sesalkan BUMG Desa Seunubok Pidie   Mati Suri

CYBER88 | Aceh Timur - Kepala Desa Seunubok Pidie Kecamatan Madat Kabupaten Aceh Timur sesalkan Badan Usaha Milik Gampong (desa) (BUMG) mati suri selama hampir 5 tahun dan belum memberikan kesejahteraan bagi masyarakat.

Hal tersebut disampikan Kepala Desa Seunubok Pidei (Geuchik) Saifan kepada awak media di kediamannya pada Senin, (30/05/22) pagi.

Saifan mengakui, semula kepala desa  sebelumnya, berkeinginan mendirikan usaha  jual beli gas untuk ukuran tabung 3 kilogram, namun dalam perjalanan nya menjadi terhambat.

Hal itu disebabkan Geuchik terdahulu ingin membeli usaha tersebut milik pihak ke tiga, namun kepemilikan usaha tersebut bermasalah dan sempat di tutup, akhirnya keinginan menghidupkan BUMG itu pun kandas.

“Kondisi tersebut setahu saya vakum lebih kurang hampir 5 tahun, akan tetapi modal BUMG masih utuh dan belum dipergunakan sama sekali. Saat ini dana nya berada di di rekening Bank," urainya.

Dana BUMG mengendap selama hampir 5 tahun itu, berjumlah 80 hingga 90 juta rupiah itu di rekening Bank Aceh.

Selaku Geuchik baru menjabat 8 bulan Saifan, merasa terpukul dengan kondisi BUMG di desanya, di desa lain manfaat BUMG telah dirasakan masyarakat, bahkan modalnya mencapai miliran rupiah.

Ia berjanji dalam satu atau dua bulan ke depan langkah awal dilakukan yakni mengganti struktur ketua dan anggota badan usaha itu, dan melantik kepengurusan baru.

Sementara itu sesuai Qanun Bupati Aceh Timur 01 tahun 2017 tentang pengelolaan BUMG dalam rangka pemberdayaan ekonomi dan meningkatkan pendapatan masyarakat, maka pemerintah gampong atau desa dapat mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki sesuai kebutuhan dan potensi Gampong. (Red/Cek kiy)

Komentar Via Facebook :