Kapolres Kuantan Singingi Terjun Langsung Pimpin Razia Penertiban PETI

Kapolres Kuantan Singingi Terjun Langsung Pimpin Razia Penertiban PETI

CYBER88 | Kuansing - Kapolres Kuantan Singingi AKBP Rendra Oktha Dinata , S.I.K., M.Si, terjun langsung ke lokasi PETI dalam rangka melakukan penertiban Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) yang didampingi oleh Kasat Reskrim AKP Boy Marudut Tua SH, dan Kanit Tipidter Iwan Rudi Firnando Siagian, SH.MH, pukul 14.00 WIB di desa Kasang Limau Sundai Kecamatan Kuantan Hilir dan Desa Gunung Kesiangan Kecamatan Benai kabupaten Kuansing. Kamis,  (23/06/22).

Team yang dipimpin Kapolres Kuantan Singingi AKBP Rendra Oktha Dinata, S.I.K., M.Si tiba dilokasi Desa Kasang Limau Sundai Kec. Kuantan Hilir dan mendengar suara mesin dompeng diduga sedang beroperasi.

Pada lokasi pertama ditemukan 1 unit rakit dompeng yang sedang beroperasi, sedangkan pada lokasi lainnya ditemukan 2 unit dompeng yang juga sedang beroperasi.
Saat dalam perjalanan pulang, tepatnya di Desa Gunung Kesiangan Kecamatan Benai, team mendengar suara mesin dompeng yang diduga beroperasi.Pada lokasi tersebut ditemukan 9 unit dompeng yang sedang beroperasi.

Selanjutnya dilakukan penindakan dengan cara membakar dan merusak alat-alat PETI agar tidak dapat digunakan lagi.

Kapolres Kuansing menjelaskan bahwa operasi penertiban tersebut bukan untuk menghentikan masyarakat mencari nafkah di sektor pertambangan, namun lebih pada penegakan hukum atas kegiatan penambangan ilegal.

"Kita tidak akan menertibkan pelaku tambang yang memiliki izin resmi. Saya paham dengan kegiatan ini sebagian masyarakat yang selama ini menaruh harapan di sektor pertambangan menjadi resah, namun itulah namanya hukum yang harus ditegakkan seadil-adilnya," ujarnya.

Pada prinsipnya, kata dia, polisi tidak akan melarang masyarakat melakukan kegiatan pertambangan emas, tetapi harus memenuhi ketentuan hukum yang berlaku seperti adanya surat izin yang sah serta tidak melakukan kegiatan penambangan di kawasan terlarang.

"Kita semua menginginkan masyarakat kuansing sejahtera sehingga mampu mencukupi kebutuhan sandang, pangan dan papan, tetapi tolonglah mencari nafkah dengan tidak melanggar ketentuan hukum," harap Rendra.

Komentar Via Facebook :