Anggota Komisi II Syamsul: 4 Pilar Kebangsaan Tanamkan Patriotisme Kebangsaan

Anggota Komisi II Syamsul: 4 Pilar Kebangsaan Tanamkan Patriotisme Kebangsaan

CYBER88 I Cirebon - Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Komisi II dari Fraksi PDI Perjuangan, H. Syamsul Bahri melaksanakan kegiatan Citra Bhakti Parlemen Dalam Sketsa Kebangsaan dengan mengangkat tema "Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan". Acara diselenggarakan di Kantor Kuwu (Balai Desa) Lemahabang, Kecamatan Lemahabang Kabupaten Cirebon Jawa Barat, pada Jumat (2/12/22).

Kegiatan sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan tersebut dihadiri oleh Perwakilan DPD PDI Perjuangan Jawa Barat Edi Suripno, Ketua PAC PDI Perjuangan Kecamatan Lemahabang Hadi Supangat, Kuwu Lemahabang Rini beserta jajaran Pemerintahan Desa Lemahabang , Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut , H. Syamsul Bahri menyampaikan bahwa, sosialisasi empat pilar kebangsaan sangat penting  dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yang sesuai dengan ideologi Pancasila dan 
melalui sosialisasi tersebut didalamnya terdiri dari Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

Menurut Syamsul, Pancasila di gali oleh Bung Karno dari kultur budaya bumi Nusantara yang sesuai dengan kultur masyarakat Indonesia, sehingga di dalam 4 pilar Kebangsaan mengikat seluruh warga Indonesia.

"Hal itu di sampaikan oleh Bung Karno di depan sidang Badan Penyelidikan Persiapan Usaha Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) yang dalam bahasa Jepang disebut "Dokuritsu Junbi Cosakai. Sosialisasi 4 Pilar kebangsaan saat ini menjadi sangat penting untuk menangkal ideologi asing. Pasalnya akhir-akhir ini bermunculan wacana dari sekelompok ekstrimis yang ingin mengganti Pancasila dengan ideologi mereka yang sangat bertentangan dengan kultur budaya yang ada di Indonesia. Yang terpenting dari hasil sosialisasi ini masyarakat Jawa Barat, khususnya Lemahabang dapat memahami Pancasila, memahami UUD 1945, memahami NKRI, memahami Bhineka Tunggal Ika dan tertanam di dalam jiwa, sehingga dapat menjiwai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari," tutur Syamsul.

Syamsul berharap, melalui sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan dapat menebalkan rasa cinta tanah air dan patriotisme semua anak bangsa. Terlebih lagi di tengah pergulatan ideologi yang muncul belakangan ini. Patriotisme harus terus ditumbuh kembangkan di seluruh warga bangsa.

" Rasa cinta tanah air harus terus di tanamkan kepada generasi bangsa untuk mempertahankan keutuhan NKRI yang sangat kita cintai terlebih kita harus mewariskan negara ini kepada anak cucu kita dalam keadaan utuh demi masa depan bangsa kedepannya," imbuhnya.

Komentar Via Facebook :