Ingin Membuat Visa Amerika? Berikut Beberapa FAQ Visa yang Perlu Dipelajari

Ingin Membuat Visa Amerika? Berikut Beberapa FAQ Visa yang Perlu Dipelajari

CYBER 88 Jakarta | Benda yang paling penting dalam perjalanan luar negeri selain paspor adalah visa, visa Amerika merupakan salah satu jenis visa yang ada. Di bawah ini adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan dalam pembuatan visa.

  1. Apakah Orang Indonesia Bisa Mengajukan Visa Amerika?

Jawabannya adalah bisa. Penduduk Indonesia yang ingin mengajukan pembuatan visa bisa langsung mengajukan permohonan visa ke dua titik berikut.

Yakni Kedutaan Besar Amerika Serikat yang ada di Jakarta atau di Konsulat Jendral Amerika Serikat yang terletak di Surabaya. Konsuler Kedutaan akan membantu para pemohon visa untuk membuat visa untuk masuk ke Amerika dalam jangka waktu sementara.

Selain itu, bisa juga untuk mereka yang ingin tinggal di AS tanpa batas waktu atau secara permanen. Bawa dokumen yang diperlukan untuk pembuatan paspor di titik tersebut, maka Anda bisa mengajukan pembuatan visa di AS.

  1. Berapa Fee ESTA?

Electronic System for Travel Authorization atau akronim dari ESTA merupakan sistem keamanan online yang mengizinkan pengunjung mengunjungi Amerika di bawah Visa Waiver Program. Program ini bisa diikuti oleh negara-negara yang memang sudah masuk dalam program.

Untuk biaya pendaftarannya sendiri, ESTA mematok harga US $14.00 yang bisa dibayarkan melalui kartu debit atau kredit yang berlaku. Apabila pendaftaran ESTA ditolak, maka biayanya hanya US $4.00.

  1. Apakah Harus Apply Visa Lagi Jika Paspor Expired?

Tidak perlu selama visa yang dimiliki tetap valid, tidak hilang, dan tidak rusak. Anda masih bisa mengunjungi Amerika Serikat dengan dua paspor Anda (yang lama dan baru) jika masih memiliki visa yang valid.

Tentunya nama dan informasi yang dicantumkan pada paspor harus sama dengan yang ada di visa. Hal ini diperlukan supaya menghindari adanya kecurangan data dan pemalsuan.

  1. Berapa Biaya Pembuatan Visa Pelajar?

Visa untuk pelajar umumnya biasanya sama dengan visa non imigran. Mulai 26 Agustus 2019 dicatat bahwa pembuatan visa pelajar dan non imigran akan dikenai biaya sebesar 220 dollar Amerika.

Pembuatan visa ini berlaku untuk visa F1 atau F2. Maksudnya, visa yang diperuntukkan bagi orang yang pergi ke Amerika dengan tujuan studi akademis dari perguruan tinggi atau sekolah swasta.

  1. Mengapa Visa Ditolak?

Ada beberapa alasan mengapa visa Anda ditolak ketika proses pembuatan atau ketika ingin perpanjang. Salah satunya adalah dokumen yang dilampirkan tidak sama atau merupakan dokumen palsu.

Alasan lainnya juga bisa saja karena nama Anda masuk dalam daftar hitam di negara Amerika Serikat. Daftar hitam ini bisa saja dikarenakan adanya tindak kriminal atau tindakan melanggar hukum lain yang cukup berat.

  1. Apa Guna Visa?

Visa memiliki fungsi yang hampir mirip seperti tiket bioskop, apabila tidak memiliki tiket maka tidak akan bisa masuk ke teater. Fungsi visa kurang lebih sama seperti itu, Anda tidak akan bisa memasuki sebuah negara tanpa visa negara tersebut.

  1. Negara Mana Saja Yang Bebas Visa di Amerika?

Ada beberapa negara yang bisa dikunjungi dengan bebas apabila Anda memiliki visa Amerika. Negara tersebut adalah Kosta Rika, Chili, Kuba, Kolombia, Haiti, Peru, Ekuador, dan Jamaika.

  1. Berapa Lama Proses Pembuatan Visa?

Untuk memenuhi proses pembuatan visa Anda perlu menyiapkan dokumen yang dibutuhkan dan menjawab pertanyaan yang diberikan. Proses permohonan visa ini biasanya memakan waktu sekitar 14 hari sampai selesai.

Itu dia beberapa FAQ yang bisa dipelajari dari permohonan visa negara Amerika. Anda bisa langsung menerapkan beberapa cara di atas atau menanyakan lebih lengkap mengenai pembuatan visa Amerika di Konsulat Kedutaan.

Komentar Via Facebook :